Ada Rumah Harganya Rp495 Miliar, Warganet: Ngisi Token Listrik Pakai UMR Jogja 15 Menit Langsung Habis

Ada Rumah Harganya Rp495 Miliar, Warganet: Ngisi Token Listrik Pakai UMR Jogja 15 Menit Langsung HabisUnggahan penawaran rumah mewah di Instagram. - Ist/tangkapan layar
07 Desember 2020 11:47 WIB Nina Atmasari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa harga properti akan semakin mahal di daerah yang semakin ramai. Di Jakarta, harga tanah apalagi beserta rumahnya bisa berkisar ratusan juta hingga puluhan miliar rupiah.

Rumah di bawah Rp1 miliar biasanya berupa rumah sederhana yang banyak dicari warga kelas menengah dan ke bawah. Adapun rumah miliaran apalagi di atas Rp10 miliar tergolong rumah mewah.

Baru-baru ini, warganet dibikin heboh oleh penawaran sebuah rumah melalui media sosial. Kehebohan muncul lantaran melihat harga rumah yang ditawarkan tersebut yakni Rp495 miliar, dengan tambahan keterangan Nego yang artinya harga tersebut masih bisa dinegosiasikan.

Rumah itu ditawarkan oleh akun instagram @estate_in_the_south, yang menerangkan diri sebagai Real Estate Agent in South of Jakarta (agen real estate di Jakarta Selatan).

Pada 5 Desember 2020, akun tersebut mengunggah penawaran sebuah rumah di Pondok Indah Bukit Golf. Dalam unggahannya, mereka mencantumkan 10 foto tentang rumah tersebut. Tampak bahwa rumah tersebut tergolong sangat mewah, lengkap dengan perabot, fasilitas kolam renan dan taman yang asri.

Dalam keterangannya, mereka menyebut rumah tersebut merupakan rumah super mewah dengan pemandangan golf gaya Eropa klasik, dengan halaman yang luas. Lokasi rumah disebutkan berada di lokasi termahal di kawasan elite Pondok Indah. Luas Tanah tak tanggung-tanggung, 4.260 meter persegi dan luas bangunan 2.700 meter persegi. Bangunan terdiri dua lantai ditambah basement dengan listrik 76.000 Watt.

Sejumlah fasilitas yang dicantumkan pun tergolong mewah, meliputi di basement ada 5 kamar tidur pembantu, empat kamar mandi pembantu, parkir yang bisa memuat 24 mobil, ruang service, dapur service, ruang laundry, tempat jemur, gudang dan musala.

Di lantai satu ada satu kamar tidur tamu kamar mandi, satu kamar tidur utama + kamar mandi, kamar mandi, ruang studio/ruang salat, powder room, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, pantry, dapur belakang, teras belakang, ruang jemur dan kolam renang.

Adapun lantai dua ada satu kamar tidur utama + kamar mandi, 3 kamar tidur anak + kamar mandi masing-masing, ruang keluarga & perpustakaan, ruang olah raga, ruang makan, dapur bersih, pantry dan teras atas.

Di bagian akhir, mereka merevisi harga menjadi Rp450 miliar dengan keterangan Nego.

Menariknya, penawaran rumah ini malah menjadi bahan pembicaraan warganet. Apalagi, tangkapan layar unggahan tentang rumah ini diunggah di twitter oleh akun dengan @Alpinnn. Dalam keterangannya ia menulis "Lagi nyari rumah, gak sengaja nemu yang harganya 495 M. Untung masih bisa dinego".

Tweet ini langsung ramai dikomentari. Kebanyaka komentar adalah memosisikan sebagai kaum miskin yang tidak mampu membeli bahkan merawat rumah tersebut.

Bahkan warganet membandingkan dengan upah minimum regiional (UMR) di Jogja.

"biaya tagihan listriknya dah kaya UMR Jogja," komentar @Zamghozy.

Akun @alpinnn pun menanggapi komentar tersebut. "Ngisi token listrik pake budget UMR Jogja 15 menit juga abis," tulisnya.

Akun @retnolestarii bertanya tentang fasilitas di rumah tersebut. "Powder room buat gudang tepung terigu?," tanyanya.

Ada lagi warganet yang menghitung cicilannya.

"Kalo dicicil 10 jt perbulan perlu :

495.000.000.000 : 120.000.000 = 4.125 tahun

Mulai angsuran pas Nabi Isa lahir sampai sekarang masih belum lunas." tulis @tyaskw.

Ada juga komentar lucu dari akun @rstnvnt, "Kasian pembantu yg satunya gabisa mandi :(,". Komentar ini ditanggapi akun @fafasutanjiwo,"Yg 1 itu pembantunya para pembantu jadi fasilitasnya seadanya".

Akun @silumancacing menulis komentar beratnya bekerja seandainya menjadi pembantu rumah tangganya. "disana ada petugas pembuka/penutup jendela, tiap hari tugasnya ngebukain jendela dari jam 7pagi sampe nutup lagi jam 5sore saking banyaknya".

Nah, rupanya rumah yang harganya sangat mahal ini malah menjadi bahan bercanda warganet. Bagaimana menurut Anda jika melihat penawaran rumah tersebut?