Disney Plus Akhirnya Naikkan Biaya Berlangganan

Disney Plus Akhirnya Naikkan Biaya BerlanggananLayanan streaming disney plus - Istimewa
12 Desember 2020 09:27 WIB Rezha Hadyan Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Disney Plus akhirnya menaikkan biaya berlangganan sebesar US$ 1 per bulan untuk pelanggan di Amerika Serikat mulai Maret 2021.

Melansir The Verge pada Jumat (11/12/2020) langkah ini dilakukan setelah presentasi panjang yang menunjukkan apa yang dibawa Disney ke Disney Plus. Kenaikan harga akan dimulai pada 26 Maret 2021, dengan harga US$ 7,99 per bulan atau US$ 79,99 per tahun. Juga,

Kenaikan juga berlaku untuk paket yang terdiri dari Disney +, Hulu, dan ESPN Plus menjadi US$ 13,99 per bulan.

Platform video sesuai permintaan (video on demand/VOD) ini untuk pertama kalinya menaikkan biaya berlangganan untuk pelanggan di AS setelah diluncurkan pada tahun lalu. Kenaikan tersebut merupakan upaya Disney untuk menutupi kerugian akibat gencarnya investasi konten-konten baru beberapa waktu lalu.

Meskipun tampaknya terlalu dini untuk mengumumkan kenaikan Disney Plus, pengumuman tersebut datang di tengah kesibukan pengumuman lain atas acara TV dan film yang akan tayang di platform tersebut.

Tentunya semakin banyak yang dihabiskan Disney untuk konten untuk layanannya, semakin banyak pendapatan yang perlu diinvestasikan Disney. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Chief Operating Officer dan Chief Product Officer Netflix Greg Peters ketika ditanyai tentang kenaikan harga.

Dia berkata Netflix akan “sesekali kembali dan meminta [pelanggan] untuk membayar sedikit lebih banyak untuk menjaga siklus investasi dan penciptaan nilai yang baik itu terus berjalan. ” Kini hal yang sama akhirnya dilakukan oleh Disney Plus.

Belum ada informasi lebih lanjut apakah kenaikan harga ini nantinya akan berlaku di Indonesia. Namun yang jelas, saat ini biaya berlangganan Disney Plus Hotstar di Indonesia jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya berlangganan Netflix.

Untuk menjadi pelanggan Disney+ Hotstar, Anda cukup merogoh kocek Rp39.000/bulan atau Rp199.000 untuk paket berlangganan selama 12 bulan.

Sebelumnya bahkan tersedia penawaran khusus pelanggan operator seluler Telkomsel dengan biaya berlangganan hanya Rp15.000/bulan atau Rp30.000/tiga bulan dengan bonus tambahan kuota masing-masing 3GB dan 30GB di bulan pertama untuk opsi berlangganan tiga bulan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia