Besok Hari Ibu, Ini Sejarah dan Ucapan dari Warganet

Besok Hari Ibu, Ini Sejarah dan Ucapan dari WarganetIlustrasi hari ibu
21 Desember 2020 13:47 WIB Mia Chitra Dinisari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tanggal 22 Desember dikenal sebagai peringatan Hari Ibu.

Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Dikutip dari Wikipedia, di Indonesia hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother's Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei.

Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara nasional pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928.Kongres ini diselenggarakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran, yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta. Kongres ini dihadiri sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatra.

Di Indonesia, organisasi wanita telah ada sejak 1912, terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia pada abad ke-19 seperti Kartini, Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dan sebagainya. Kongres dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.

Indonesia juga merayakan Hari Kartini pada 21 April, untuk mengenang aktivis wanita Raden Ajeng Kartini. Ini merupakan perayaan terhadap emansipasi perempuan. Peringatan tanggal ini diresmikan pada Kongres Perempuan Indonesia 1938.

Pada saat Presiden Soekarno menetapkan Kartini sebagai pahlawan nasional emansipasi wanita dan hari lahir Kartini sebagai memperingati hari emansipasi wanita nasional. Tetapi banyak warga Indonesia yang memprotes dengan berbagai alasan, di antaranya Kartini hanya berjuang di Jepara dan Rembang, Kartini lebih pro-Belanda daripada tokoh wanita seperti Cut Nyak Dien, dll.

Karena Soekarno sudah terlanjur menetapkan Hari Kartini maka Soekarno berpikir bagaimana cara memperingati pahlawan wanita selain Kartini seperti Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dll. Akhirnya Soekarno memutuskan membuat Hari Ibu Nasional sebagai hari mengenang pahlawan wanita alias pahlawan kaum ibu-ibu dan seluruh warga Indonesia menyetujuinya.

Di hari ibu 2020 ini, ada sejumlah ucapan hari ibu dari Netizen di Twitter yang bikin haru berikut ini :

Hai mamah, selamat untuk mu 1 hari ini akan banyak ucapan terima kasih dan sweet nya anak kepadamu padahal hari mu itu everyday bukan hanya 1 hari

51 kini usianya, Selama 20 tahun ucapan syukur dan terimakasihku, Kasih sayang yang abadi, ibu memang perempuan terbaik. Terimakasih nadin, lirikmu menjadi keterwakilan ku hari ini untuknya:)

Ibu, gak terasa ya bu sekarang udah 40 hari ibu pergi ninggalin aku. Dan selama itu juga lukaku belum bisa sembuh. Masih banget aku inget saat-saat ibu pergi ninggalin aku untuk selamanya. Tanpa pamit, tanpa ada ucapan selamat tinggal.

Selamat Hari Ibu buat Ibu Ibu hebat di Indonesia  

belum 22 desember tapi udah nyicil ucapan dulu biar kaka kaka lainnya yang masih punya ibu untuk lebih menyayangi ibunya

Kartu ucapan apresiasi kepada ibu...sudah mau hari ibu,saya pengen beli deh nanti dipajang samping foto almarhum mama,jujur aja saya tuh gak pinter merangkai kata

besok hari ibu, gue ngasih lukisan yang udah gue lukis ke mama boleh ga sih?

Di hari ibu yang indah ini mari kita bersama sama sambat pada ibu dengan menggunakan penggalan lirik lagu dari Nadin Amizah

smpe pda akhirnya, pas midnight tepat sma hari ibu. epan bikin surat buat mama gabie. awalnya dari surat itu gabie g peka kalo epan suka ke gabie. pas epan ajakin main game juga gabie masih belum sadar. tapi pas epan confess lgsng di note, gabie baru sadar. hehe

Besok hari ibu, pgn coverin lagu bertautnya nadin.. tp setiap ngecover gajadi2 krn ujung2nya nangis...

Besok hari ibu... Nyadar kalo blm jd anak yg baik buat mama

“Nak, Ibu aslinya kangen, tapi pulangnya kok masih lama” Patah hati pagi hari 

Lu bangun pagi² trs lo lakuin semua yg biasanya ibu lo kerjain, mulai dr masak, nyuci piring, nyapu, ngepel, nytrika, lo bersihin semua sudut rumah sampe kolong² noh, ibu lo bkal lbh seneng ketimbang lo beliin hadiah mewah. Percaya, pasti lbh terharu:)

Sumber : Bisnis.com