Masker Transparan Bikin Cantiknya Kelihatan, Sudjiwo Tejo: Tidak Transparan Lebih Imajinatif

Masker Transparan Bikin Cantiknya Kelihatan, Sudjiwo Tejo: Tidak Transparan Lebih Imajinatiftangkapan layar komentar budayawan Sudjiwo Tejo tentang masker transparan.
11 Januari 2021 21:07 WIB Nina Atmasari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Di masa pandemi Covid-19, warga diharuskan memakai masker terutama saat keluar rumah. Untuk tujuan mencegah penularan, warga disarankan memakai masker kain.

Memakai masker akan menutup setengah wajah di bagian bawah, yaitu hidung dan mulut. Tentu saja, memakai masker akan menyebabkan wajah tidak terlihat sepenuhnya.

Sebuah produsen masker di Tanah Air membuat inovasi berupa masker transparan. Mereka menamakan Now You See dengan salah satu produknya adalah masker transparan, berbahan thermo plastic. Konsep transparan salah satunya ditujukan agar rupa wajah pemakainya tetap terlihat.

Salah satu tagline produk ini adalah "Sekarang Cantiknya Bisa Keliatan". Tampak salah salah satu foto produk masker tersebut menampilkan masker transparan yang dipakai seorang perempuan yang sedang tersenyum, sehingga senyumnya terlihat.

Namun, rupanya masker transparan ini menggelitik warganet. Hal ini tampak saat poster iklan masker tersebut diunggah oleh budayawan Sudjiwo Tejo. Dalam akun twitternya @sudjiwotejo, ia mempertanyakan konsep cantik yang harus memperlihatkan senyum melalui masker yang transparan.

"Sampai harus diperlihatkan transparan gini?" tanya Sudjiwo Tejo saat mengunggah ulang foto iklan masker transparan tersebut, Senin (11/1/2021).

Ia juga menambahkan pendapat bahwa seorang pria sejati bisa mengetahui perempuan cantik atau tidak melalui bunyi sepatunya.

"FYI: Lelaki sejati ud tahu perempuan itu cantik/tidak hanya dari mata dan keningnya .. bahkan cuma dari bunyi highheel-nya... entah kalau lelaki abal2," tambah Sudjiwo.

Selanjutnya, ia mengumpamakan masker itu berwarna hitam tidak transparan. Menurutnya, masker itu tidak mengurangi kecantikan pemakainya.

Bahkan menurutnya, dengan memakai masker tidak transparan, kecantikannya lebih imajinatif.

"Coba lihat ini... pakai masker transparan atau tidak tetap tampak cantik. Bahkan dgn masker tidak transparan, kecantikannya lebih imajinatif... iya kan ?" tulisnya.

Pendapat itu didukung oleh sejumlah warganet.

"Kadang memang gitu mbah. Kecantikan, dengan senyum yang tersembunyi, tatapan mata sudah cukup," tulis @koasnonmedis.

"Cantik nya lebih misterius mbah," tambah @yogirafi.

Ada pula warganet yang mengungkapkan masker transparan akan membuat mereka tidak nyaman.

"Nek transparan ngono malah ra nyaman... Kelihatan percikan idu ne mbah [Kalau transparan begitu malah tidak nyaman, Kelihatan percikan ludahnya, Mbah]," tulis akun @oneiwan.

Warganet lain menambahkan. "Nah, aku meh ngomong ngono mas. Nek pas wahing pora langsung ngembun kui [Nah aku mau ngomong begitu Mas. Kalau bersin apa tidak langsung berembun itu]," tulis akun @tq_gayuh.

Meski demikian, seorang warganet mengungkap masker transparan ini bisa berguna untuk tunarungu.

"Masker tsb berguna untuk orang tunarungu, karena selain komunikasi dengan tangan, tunarungu juga memperhatikan gerak bibir supaya lebih memahami apa yg disampaikan," tulis @hedy__.

Nah, kalau kamu, bagaimana pendapatmu tentang masker transparan ini?