Karir Farida Pasha, Artis Film Horor yang Sukses Sebagai "Mak Lampir"

Karir Farida Pasha, Artis Film Horor yang Sukses Sebagai Farida Pasha pemeran Mak Lampir. - Ist/ Youtube
17 Januari 2021 12:17 WIB JIBI Hiburan Share :

Harianjogja.com, SOLO – Dunia hiburan berduka. Artis Farida Pasha pemeran Mak Lampir di film dan sinetron Kolosal Misteri Gunung Merapi meninggal dunia pada Sabtu (16/1/2021) pukul 19.35 WIB.

Kabar duka meninggalnya Farida Pasha dibenarkan cucunya, Ify Alyssa, melalui media relation-nya. Selain itu, Ify juga membagikan kabar duka tersebut melalui akun Instagram pribadinya, Minggu (17/1/2020).

Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak keluarga Farida Pasha. Namun berdasarkan informasi yang diterima, jenazah pemeran Mak Lampir yang meninggal akibat Covid-19 itu dimakamkan dengan protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga: Kabar Duka, Farida Pasha Pemeran Mak Lampir Meninggal Dunia

Farida Pasha meninggal di usia 68 tahun. Ia adalah artis berkebangsaan Indonesia yang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 21 Agustus 1952. Dia merupakan aktor yang dikenal dengan genre film horor.

Namanya dikenal publik pada 1977 melalui film Guna-Guna Istri Muda yang meledak di bioskop Tanah Air. Berkat kesuksesannya, dia kemudian mendapat kesempatan menjadi pemeran utama dalam dua film horor bertajuk Nenek Gondrong dan Dukun Ilmu Hitam.

Nama Farida Pasha semakin melambung setelah memerankan sosok Mak Lampir dalam film Misteri Gunung Merapi pada 1989. Pada film itu dia beradu akting dengan Fendt Pradana dan Ida Pasha.

Baca juga: YouTube Uji Coba Fitur Beli Produk

Film tersebut diangkat dari sandiwara radio terkenal yaitu Misteri Dari Gunung Merapi karya Asmadi Sjafar dan disutradarai L. Sudjio.

Akting yang mumpuni membuat sosok Mak Lampir melekat pada diri Farida Pasha. Gaya tertawanya yang khas sebagai Mak Lampir membuat siapapun bakal bergidik ngeri. Ditambah lagi dengan dandanannya yang menyeramkan mengenakan baju lusuh berwarna gelap, rambut putih panjang, dan wajah berwarna hijau.

Ada tiga sekuel dalam film tersebut yang kemudian dikembangkan dalam sinetron yang juga dibintangi aktor kelahiran Tasikmalaya itu. Farida masih cukup aktif di dunia film Indonesia di usia senja. Pada 2018 lalu dia sempat membintangi film horor garapan Raffi Ahmad bertajuk The Secret Suster Ngesot Urband Legend.

Sumber : Solopos.com