Dituding Foto Karyanya Tempelan, Begini Reaksi Fotografer Ari Wibisono

Dituding Foto Karyanya Tempelan, Begini Reaksi Fotografer Ari WibisonoTangkapan layar komentar Arbain Rambey terhadap foto karya Ari Wibisono - Twitter @arbainrambey
18 Februari 2021 15:57 WIB Bernadheta Dian Saraswati Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pengguna media sosial Twitter sedang ramai membicarakan tudingan fotografer kawakan Arbain Rambey terhadap foto hasil karya Ari Wibisono yang dinilai tempelan. Mendadak viral dan trending di Twitter, Ari Wibisono pun buka suara.

Melalui akun Instagramnya @wibisono.ari, ia mengaku kecewa atas tudingan tersebut. Ia menjelaskan karyanya itu merupakan hasil kerja keras bersama seorang partner.

"Klarifikasi Saya Terkait Foto Gunung Gede Pangrango di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran Jakarta Pusat. yang sangat saya kecewakan ada Fotografer Senior memberikan statement bahwa Foto Saya " TEMPELAN" Gunung Gede Itu Tempelan, Baik saya berkolaborasi dengan mas Rifky Widianto @rfkyw dengan memaparkan file Asli Jepretan saya, Hasil Kerja Keras dan mengabarkan kepada warga Jakarta tentang Kondisi #JakartaLangitBiru," tulisnya.

Tak berhenti di situ, Ari Wibisono sampai mengunggah video tentang proses pembuatan foto tersebut. Ia ingin menunjukkan bahwa foto tersebut asli hasil jepretan kamera dan bukan tempelan. 

Warganet yang membaca penjelasan itu berkomentar. 

"Jangan patah semangat bang. Biarkan saja, biasa permainan untuk mencapai sesuatu. Ditunggu foto spekta selanjutnya," komentar @reraykaa. 

"Mesti dijelaskan oleh ahli geologi dan astronomi..kenapa gunung bs terlihat di saat saat tertentu...dan menurut saya foto bapak ini real .Krn bapak dapat waktu yg tepat ..gak tertutup asal polusi mungkin pas siang hari ya...atau jg pantulan dr cahaya matahari yg sehingga kita jarang melihat gunung sebesar itu..sbbnrya penjelasan mengenai ini mudah sekali...sprti kaleng minuman dan kita berdiri di bbrp meter..kita foto seakan akan kita sebesar kaleng minuman...," tulis @penerawangbangjep. 

"Tak Kan Lari Gunung Dikejar, Hilang Kabut Tampaklah Dia. Fotografer Senior belum tentu atitude senior Bro so semangat bro," timpal @arif.lau. 

Tudingan Tempelan

Sebelumnya, Arbain Rambey yang merupakan fotografer senior di Indonesia memposting foto situasi kawasan Kemayoran Jakarta dengan latar belakang Gunung Gede Pangrango yang tampak jelas. Foto karya Ari Wibisono tersebut dituding sebagai foto tempelan. 

"Ini foto tempelan. Untuk dapat Pangrango segede gitu, butuh tele panjang lalu motret dari jauh. Melihat perbandingan mobil depan dan belakangnya, jelas tak memakai tele panjang," tulisnya dalam akun Twitternya. 

Sumber : Instagram