Puisi untuk Adik, Cara Fajar Merah Ajak Orang Saling Bantu

Puisi untuk Adik, Cara Fajar Merah Ajak Orang Saling BantuArtwork single Fajar Merah, Puisi untuk Adik. - Harian Jogja - Ist
23 Februari 2021 19:07 WIB Galih Eko Kurniawan Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Fajar Merah, musikus kritis asal kota Solo, Jawa Tengah kembali berkarya. Tak sekadar anak dari seorang aktivis, Fajar perlahan mampu berdiri sendiri membangun warisannya.

Masih berkutat di musikalisasi puisi, Fajar merangkai puisi karya Wiji Thukul Puisi untuk Adik agar bisa dinyanyikan bersama. Puisi itu dipilih dengan alasan kesehariannya sering berhadapan dengan orang berjuang keras menghadapi kehidupan.

Fajar sempat merasa bingung dengan kondisi sekarang dengan hal apa yang mesti dilakukan untuk bertahan hidup. “Apalagi sekarang lagi pandemi Covid-19, tiap orang merasakan hal yang sama dalam berjuang mempertahankan keluarganya masing-masing,” ungkapnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Selasa (23/2/2021).

Harapannya sederhana, ketika mendengarkan lagu barunya itu setiap orang bisa saling membantu, saling mendukung untuk melewati masa susah. “Apapun yang terjadi, jangan cuma pasrah. Berbuatlah sesuatu, sesepele mungkin yang bisa bermanfaat, misalnya membuat karya,” paparnya.

Proses rekaman single ini dimulai pada November 2020 dan baru kelar pada Januari 2021 di Pregnant Pause Studio Solo. Video klipnya yang disutradarai D. Alfiant Hariyanto sudah rilis melalui channel YouTube-nya pada Januari lalu. Single ini merupakan bagian dari album baru yang masih belum ada judul dan kapan waktu rilisnya.

Di sela sesi rekaman single, bertemulah Fajar dengan Bandizt (Shaggydog) yang menawarkan diri menjadi produser. Bekerja sama dengan DoggyHouse Records, single Puisi untuk Adik akan tersedia via kanal digital mulai 26 Februari 2021.