Advertisement

Melampaui Tandai Dua Dekade Fotkom 401 UPNVY

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 03 April 2021 - 12:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Melampaui Tandai Dua Dekade Fotkom 401 UPNVY Pengunjung menyaksikan pameran Dua Dekade Fotkom 401 dengan tajuk Melampaui di Sangkring Art Space, Nitiprayan, Kasihan, Bantul, Jumat (2/4). - Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dua dekade Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Fotografi Komunikasi UPN ‘Veteran’ Yogyakarta (Fotkom 401) ditandai dengan hadirnya pameran secara hybrid di Youtube Fotkom 401 dan Sangkring Art Space, Nitiprayan, Kasihan, Bantul Jumat (2/4) – Minggu (4/4).

Mengusung tajuk Melampaui menjadi titik tolak para pameris menggambarkan manusia dengan berbagai cerita kehidupannya yang kerap melampaui batasan.

Advertisement

Kurator pameran Nico Kurnia Jati mengatakan sajian karya dalam pameran Melampaui ini mengajak penggemar fotografi untuk menyaksikan manusia-manusia yang mulai melampaui batas-batas kewajaran dalam sendiri dalam interpretasi yang lebih luas.

Dicontohkan Nico, salah satu karya dari Pradita yang menginterpretasikan limbah plastik Ibu Kota dikemas kembali sebagai karya foto yang menunjukan metafora ketika penduduk Ibu Kota sudah tidak bisa jauh lagi dari sampah plastik.

“Semuanya merupakan respons-respons indera manusia untuk dituangkan dalam kalibrasi dwi matra sebagai karya,” ucap pria yang merupakan Dosen Fotografi ISI Jogja itu, Jumat (2/4/2021).

Ketua Pameran Melampaui, Alpha Sapa Matahari, mengungkapkan tajuk Melampaui ini diinterpretasikan oleh para anggota aktif Fotkom 401 dan para alumni secara berbeda, seperti melampaui pencapaian-pencapaian secara individu.

Ketua Fotkom 401 Kevin Sambowo mengharapkan pameran ini dapat menjadi referensi para penggemar fotografi dalam berkarya dan memberi semangat di tengah pandemi Covid-19 dengan penyajian visual yang ada. “Semoga di usia 20 dapat menghadirkan karya-karya yang semakin menginspirasi,” tuturnya.

Pameran ini antara lain diikuti sejumlah Pewarta Foto Indonesia alumni Fotkom 401, seperti Wahyu Putro, Sigid Kurniawan, Hendra Nurdiyansyah dari Kantor Berita Antara, Pradita Utama dari Detik dan Gigih M. Hanafi dari Harian Jogja.

Berjalannya pameran di tengah pandemi Covid-19 ini memperhatikan protokol kesehatan. Pengunjung sebelum datang diwajibkan melakukan reservasi, serta saat di lokasi pameran offline wajib menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk galeri, dan menjaga jarak.

Sebelum puncak acara pameran ini juga diadakan Creative Talk dengan tajuk Photography Remain as a Trend (Potret) dengan pembicara fotografer profesional, Sony Alpha Guru (Beauty Potrait), Jiang Viviennie, Commercial & Fashion Photographer, Ifan Hartanto, dan Content Creator, Fajrul Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu Kristen Tak Terbatas, Tuhan Akan Angkat Kamu From Mess to Masterpiece!

Hiburan
| Jum'at, 19 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement