Advertisement

Serial Ini Budi Tayang 13 April, Ajak Anak Mengenal Toleransi dan Keragaman

Luke Andaresta
Selasa, 06 April 2021 - 20:17 WIB
Nina Atmasari
Serial Ini Budi Tayang 13 April, Ajak Anak Mengenal Toleransi dan Keragaman Ini Budi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Serial animasi berjudul “Ini Budi” dirilis Paragon Pictures berkolaborasi dengan Ideosource Entertainment juga inibudi.org menunjukkan kembali eksistensinya di dunia perfilman tanah air. Kolaborasi ini didukung penuh oleh Indika Foundation.

Serial animasi “Ini Budi” memiliki misi untuk memberikan tontonan tentang kebhinekaan sejak usia dini melalui 5 tokoh yang diceritakan bersahabat yaitu Budi, Iwan, Wati, Beta, dan Ni Luh yang memiliki latar belakang suku, budaya, bahasa, sosial, ekonomi, dan agama yang berbeda. Keragaman inilah yang membuat menarik di setiap episode seriesnya.

Advertisement

Judul “Ini Budi” pun diambil dari nama yang melegenda di buku pelajaran bahasa Indonesia era tahun 1980-an.

Baca juga: Lagu Duet Anggun dengan Pavarotti Terima Penghargaan Musik Rusia

Managing Director Indika Foundation mengatakan setidaknya ada dua aspek yang membuat pihaknya tertarik untuk terlibat dalam serial “Ini Budi”. Pertama, hadirnya sosok anak-anak yang walau datang dari latar belakang yang beragam, namun dapat berteman dengan asyiknya.

“Berteman baik tanpa memandang latar belakang ini menjadi isu yang belakangan kita rindukan terjadi di Indonesia,” kata Ayu dalam rilisan resmi yang diterima Bisnis (5/4).

Kedua, dalam ceritanya memuat nilai-nilai baik seperti empati, tidak berburuk sangka hingga toleransi. Menurut Ayu, nilai-nilai ini sesuai dengan misi yang diusung oleh Indika Foundation. Nilai-nilai tersebut dapat menjadi bekal positif bagi penonton anak-anak saat kelak hidup di tengah masyarakat.

Sementara itu, Produser Paragon Pictures Ellen Xie mengungkapkan alasan utama lahirnya “Ini Budi” adalah perlunya pengetahuan tentang keberagaman, toleransi dan kebhinekaan sejak dini.

“Serial ini diharapkan dapat menjadi contoh bagaimana keberagaman tersebut sebenarnya membuat kehidupan jadi jauh lebih berwarna,” tuturnya.

Inul Daratista yang dipercaya untuk mengisi suara sosok Ibu Nur, mengaku senang dapat menjadi bagian dari film yang memiliki pesan positif. Dirinya mengaku senang terlibat karena serial ini bisa mengedukasi anak-anak tentang kebhinekaan.

“Film animasi anak di Indonesia masih sangat kurang, apalagi yang bertema tentang kebhinekaan,” ujarnya.

Baca juga: Artis Ini Mengaku Pinjam Mobil Mewah untuk Hadiri Pernikahan Atta-Aurel

Sebagai kolaborator animasi, inibudi.org sangat menyambut gembira dengan adanya kartun animasi ini. Dalam rangka memproduksi dan menyebarkan materi edukasi, inibudi.org akan membantu menyebarluaskan kartun animasi Ini Budi ke pelosok daerah yang tidak memiliki internet.

“Dengan serial ini, anak-anak dilatih untuk mengembangkan empati, berjumpa dengan berbagai karakter yang menambah keluasan sudut pandangnya, untuk mengenal Indonesia dengan segala keunikan dan keragamannya,” kata Najeela Shihab sebagai perwakilan inibudi.org.
Serial animasi “Ini Budi” dapat disaksikan secara gratis melalui akun instagram @kartuninibudi dan channel Youtube “Kartun Ini Budi” pada tanggal 13 April 2021, bertepatan dengan hari pertama ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemudik Inilah Jalur Alternatif Masuk Gunungkidul

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

The Stories Season 4: The Last Chapter Siap Mengudara di Ramadan 2024

Hiburan
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement