Agar Awet, Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Menyimpan Buah Kurma

Agar Awet, Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Menyimpan Buah KurmaFoto ilustrasi. - Ist/Freepik
15 April 2021 03:17 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Di Bulan Ramadan, salah satu menu khas adalah buah kurma, yang disajikan saat berbuka puasa. Kurma merupakan buah impor dari Timur Tengah yang bisa awet dalam waktu lama.

Namun sering kali orang tidak tahu bagaimana cara menyimpan kurma agar tetap awet dalam jangka waktu yang lebih lama. Lantas bagaimana cara simpan kurma?

Menyimpan kurma ini perlu diperhatikan tentunya agar rasa kurma tetap enak serta kandungan nutrisi masih tetap bertahan. Oleh karena itu kurma masih memiliki manfaat bagi kesehatan yang didapatkan.

Untuk menyimpan kurma tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikannya saat sebelum membelinya. Kurma yang berkualitas adalah kurma yang dapat bertahan lama. Lalu bagaimana cara menyimpan kurma agar tetap awet dan masih memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menyimpan Kurma di Tempat Tertutup

Simpan kurma di tempat atau wadah tertutup. Wadah tertutup berguna agar menjaga kualitas kurma tetap baik saat dikonsumsi dalam jangka waktu lebih lama.

Selain itu pastikan tempat atau wadah tersebut tidak memiliki rongga atau celah yang dapat membuat serangga atau bakteri dapat berkembang biak di permukaan kurma yang telah disimpan tersebut.

Untuk menyimpan kurma dapat dilakukan dengan menggunakan toples dalam keadaan tertutup rapat yang berbahan dasar plastik atau mika. Menyimpan kurma ke dalam wadah kedap udara berguna agar tekstur dan rasanya tetap terjaga.

2. Pastikan Disimpan Pada Suhu yang Sesuai

Selalu perhatikan tempat dan lokasi penyimpanan kurma agar tetap awet dan kandungan gizinya tidak hilang. Untuk menyimpan kurma lebih lama dapat disimpan di kulkas. Kulkas dapat membuat kurma dapat lebih awet dan tahan hingga satu tahun.

Meski kurma akan menjadi dingin dan beku, rasa dan tekstur kurma juga tidak akan berubah. Jika ingin menghidangkan kurma kembali, cukup merendam dalam semangkuk air hangat untuk membuatnya kembali empuk dan dapat langsung dikonsumsi.

3. Selalu Melihat Kedaluwarsa

Sebelum membeli kurma harus memperhatikan masa kedaluwarsa agar kurma dapat bertahan lebih lama. Jika masa kedaluwarsanya singkat maka kurma tidak dapat disimpan lebih lama. Tanggal atau masa kedaluwarsa

Itulah 3 cara simpan kurma agar awet dan tetap lezat disantap selama bulan Ramadan.

Sumber : Suara.com