4 Kunci Raffi Ahmad Jadi Pengusaha Sukses, Bisa Ditiru Siapa Saja

4 Kunci Raffi Ahmad Jadi Pengusaha Sukses, Bisa Ditiru Siapa SajaRaffi Ahmad - istimewa
21 April 2021 16:37 WIB Janlika Putri Indah Sari Hiburan Share :

Bisnis.com, JAKARTA-- Siapa tak kenal Raffi Ahmad. Selebriti yang memiliki berbagai bidang usaha sukses ini mengatakan bahwa telah melalui berbagai tantangan untuk di titik saat ini.

"Untuk jadi seperti sekarang ini ada aneka tantangan yang dijalani. Setiap orang harus punya semangat untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuan," tutur Raffi secara virtual dalam acara Semangat Ekonomi Kreatif Di Tengah Masa Pandemi, Selasa (20/4/2021).

Raffi juga mengatakan, musuh terbesar untuk meraih kesuksesan dari seorang manusia adalah terlalu cepat puas.

Berikut adalah kunci Raffi Ahmad untuk meraih kesuksesan dari usahanya :

1. Tidak Kecil Hati Memulai dari Nol

Raffi mengatakan ia memulai semua usahanya dari titik terendah terjun di industri kreatif. Memulai karir di dunia seni peran, ia tak langsung terkenal begitu saja. Semuanya dijalankan melalui proses dan usaha.

"Saya pernah di bayar 300rb untuk salah satu sinetron. Perannya juga tidak terlalu penting. Tapi saya tidak menyerah dan berkecil hati. Menikmati proses bisa jadi pembelajaran untuk kedepan," kata Raffi.

2. Buka Banyak Keran

Menurut Raffi untuk menjadi seorang yang sukses tidak bisa hanya mengandalkan satu keran usaha. Maka dari itu ia menggeluti banyak hal tak hanya di dunia seni peran. Mulai dari presenter, penyanyi, dan bisnis lainnya ia lakukan. Maka dari itu penting untuk memanfaatkan potensi dalam diri untuk membangun karir cadangan.

"Kita harus punya banyak keran usaha, jadi ketika satu keran tersebut tidak mengalir, maka tinggal buka keran lainnya. Seperti halnya saat saya sepi di dunia seni peran film romantis, saya masih bisa ambil peran di gendre komedi. Maka dari itu harus memanfaatkan potensi dan tangkap peluang dengan baik," ujar suami Nagita Slavina tersebut.

3. Kolaborasi

Kolaborasi menjadi cara Raffi untuk mendapatkan tempat di masyarakat mengenai usaha yang dibagunnya. Untuk berkolaborasi bisa dilakukan dengan sektor apa saja. Menurutnya jika pilih-pilih akan membuat jejak karir dari pelaku industri kreatif terhambat.

Mulai dari UMKM hingga label kenamaan telah Raffi aja berkolaborasi untuk membangun usahanya.

Raffi mengatakan pada awalnya dirinya sendiri yang sering menawarkan banyak pihak untuk melakukan kolaborasi. Kemudian, seiring berjalannya waktu berubah. Banyak yang datang padanya untuk mengajak berkerjasama.

4. Semangat Tanpa Batas

Dengan selalu bersemangat, kreatifitas akan selalu muncul untuk melahirkan ide-ide baru. Kerja keras akan selalu membuahkan hasil yang setimpal, maka dengan semangat akan membuka peluang baru yang di butuhkan pasar.

"Harus selalu semangat, karena jika suatu hari jatuh tidak ada orang yang bisa memberikan pertolongan. Hanya Anda sendiri yang bisa menolong diri sendiri," tutup Raffi.

Sumber : Bisnis.com