Suami Joanna Alexandra Meninggal Dunia, Begini Kronologi Sejak Dinyatakan Covid-19

Suami Joanna Alexandra Meninggal Dunia, Begini Kronologi Sejak Dinyatakan Covid-19Joanna Alexandra dan suami, Raditya Oloan harus dirawat di Rumah Sakit Wisma Atlet Kemayoran akibat positif Covid-19. - Ist/Instagram
06 Mei 2021 22:57 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Suami Joanna Alexandra Raditya Oloan dikabarkan meninggal dunia. Setelah mendapat perawatan usai terkena Covid-19, ayah 4 orang anak ini dikabarkan menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (6/5/2021).

Berikut adalah perjalanan perjuangan Raditya Oloan mendapat perawatan sampai dinyatakan meninggal dunia.

Raditya Oloan lahir pada tanggal 7 Desember 1984 di Jakarta. Ia adalah seorang publik figur dan influencer. Ia juga dikenal sebagai seorang pastor di sebuah gereja.

"RIP Pastor @radityaoloan. You're one of my greatest inspiration in ministry," tulis akun @revyhalim pada Kamis.

Dinyatakan positif Covid-19

Pada 14 April 2021, Joanna Alexandra mengabarkan dirinya dan sang suami terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya pun harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Wisma Atlet Kemayoran.

Kabar itu disampaikan Joanna Alexandra di Instagram-nya. Sejak Senin (12/4/2021) keduanya pun sepakat untuk memilih dirawat di Rumah Sakit Wisma Atlet, Kemayoran.

"Senin subuh kami berdua dipersatukan lagi satu kamar karena turns out hasil PCR aku positif juga. Dan mas Zera. Dan mbak-mbakku dan sopirkuu. (Puji Tuhan Kakak Zoey cantik dan Ziona cikidut dan kedua orangtuaku negatif). Langsung pisah rumah," tulis Joanna Alexandra di bagian keterangan foto.

Dirawat di Wisma Atlet

Joanna Alexandra dan Raditya Oloan memutuskan untuk dirawat di Wisma Atlet agar lebih fokus pada kesembuhan dan perawatan. Terlebih Raditya Oloan membutuhkan alat bantu pernafasan yang tersedia di Rumah Sakit Darurat Covid-19 itu.

Selain lebih terkontrol, mereka memilih dirawat di rumah sakit untuk meminimalisir terpaparnya anggota keluarga yang lain.

Dirujuk ke RSUP Persahabatan

Kondisinya yang tak kunjung membaik membuat Raditya Oloan dilarikan ke ruang ICU RSUP Persahabatan pada Sabtu (17/4/2021).

Joanna Alexandra mengunggah foto sang suami yang terbaring di kasur dan hendak berangkat ke rumah sakit. Tampak di kanan dan kiri Raditya Oloan, hadir tim medis yang menggunakan APD.

"Kemarin siang Radit dirujuk ke RSUP Persahabatan. Di sana masuk ICU, semogoa lebih baik ya daddy," tulis Joanna Alexandra di Instagram, Minggu (18/4/2021).

Pertimbangan perpindahan rumah sakit, karena alat medis di RSUP Persahabatan dinilainya lebih lengkap dari sebelumnya.

"Radit pasti akan ditangani lebih mantap. Karena dokter, peratan dan obatnya lebih lengkap," ujar bintang film Catatan Akhir Sekolah ini.

Kritis di Ruang ICU

Ketika Joanna Alexandra sudah diperbolehkan pulang usai dirawat, Raditya Oloan, sang suami justru melemah. Meski telah dinyatakan negatif Covid-19 namun kondisi Raditya Oloan semakin kritis. Ia bahkan sampai harus mendaat perawatan intensif di ruang ICU.

Mengetahui sang suami butuh dukungan, Joanna Alexandra pun meminta doa para sahabat dan publik lewat sosial medianya agar sang suami bisa segera sembuh.

Menurut Joanna Alexandra, Raditya Oloan saat ini masih dirawat di ruang ICU dan ditidurkan karena memakai ventilator. Bintang film The Pizza Man ini mengakui, kondisi Raditya Oloan memburuk karena setelah Covid-19 dengan penyakit penyerta asma.

"Dan dia sedang mengalami badai sitokin yang menyebabkan hyper-inflamation di seluruh tubuhnya. Ditambah lagi ada infeksi bakteri yang lumayan kuat," kata Joanna Alexandra mengungkap.

Selain asma, Raditya Oloan juga mengalami gangguan pada ginjalnya. Saat ini, ginjal Radit tidak bekerja dengan maksimal. Ia pun mendapatkan Continous Veno-Venous Hemofiltration (CVVH) di mana merupakan salah satu bentuk dari CRRT, yang mana menggunakan metode Hemofiltrasi (penyaringan darah) sebagai alternatif pengganti hemodialisa pada pasien yang sakit dengan komplikasi pada ginjal dan dalam kondisi kritis.

Meninggal dunia

Kabar meninggalnya Raditya Oloan pertama kali dibagikan oleh seorang pengguna akun Instagram yang merupakan jemaat gereja yang sama dengan pria 34 tahun tersebut.

Kabar duka itu dibagikan akun Instagram bernama @revyhalim, Kamis (6/5/2021).

"RIP Pastor @radityaoloan. You're one of my greatest inspiration in ministry," tulis akun @revyhalim.

Selain itu, rekan satu gereja Raditya Oloan yang lain juga mengabarkan hal yang sama.

"Gone too soon kak @radityaoloan, gatau mau bilang apa. Aku sedih banget, belim sempat cerita kehidupan pernikahan, sudah pergi saja kak," tulis pemilik akunĀ  @mandahysua lewat Insta Story-nya, Kamis malam.

Salah satu kerabat Joanna Alexandra yang ditemui di Rumah Sakit Persahabatan, Kamis (6/5/2021) malam mengatakan rencananya jenazah akan dimakamkan di San Diego Hills pada Minggu (9/5/2021) mendatang.

"Akan dimakamkan secara normal hari Minggu di San Diego Hills," katanya.

Sumber : Suara.com