Advertisement

Peta Telur Ceplok Ini Jelaskan Candi Borobudur Ada di Kabupaten Magelang, Bukan di Jogja

Nina Atmasari
Selasa, 18 Mei 2021 - 19:47 WIB
Nina Atmasari
Peta Telur Ceplok Ini Jelaskan Candi Borobudur Ada di Kabupaten Magelang, Bukan di Jogja Peta telur ceplok. - Ist/ twitter @yudiindrawjy

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Kesalahan penyebutan lokasi Candi Borobudur yang disebut berada di Yogyakarta (Jogja) sering terjadi. Padahal, Candi Borobudur secara geografis berada di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Salah satu warganet pun membuat peta ilustrasi yang menggambarkan lokasi Candi Borobudur. Menariknya, ilustrasi ini menggunakan foto telur ceplok. Peta telur ceplok ini pun menjadi viral di media sosial.

Awal mula munculnya peta ini dari unggahan seorang warga Malaysia di twitter. Akun @amer_aljeffrey yang merupakan seorang pria pencinta wisata asal Malaysia mengunggah foto dirinya berada di Candi Borobudur. Dalam keterangannya, ia menuliskan "Borobudur Temple - Yogyakarta!".

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Foto itu diunggah pada 8 Mei 2021 lalu, namun baru 10 hari kemudian menjadi viral. Salah satu komentar yang muncul berisi gambaran wilayah Magelang dan Jogja yang diilustrasikan dalam foto telur ceplok. Peta telur ceplok ini diunggah oleh akun @yudiindrawjy pasa Senin (17/5/2021).

Pada foto tersebut, bagian kuning telur ceplok disebutkan sebagai wilayah Kota Magelang sedangkan putih telur merupakan Kabupaten Magelang. Wilayah Kota Magelang memang berada di tengah wilayah Kabupaten Magelang, dan wilayah Kota Magelang yang hanya 18,12 km persegi, sangat kecil di tengah wilayah Kabupaten Magelang yang luasnya 1.086 km persegi.

Adapun di luar telur ceplok tersebut disebutkan sejumlah wilayah yang berada di sekitar Kabupaten Magelang yaitu Semarang, Kopeng Salatiga (ditulis Kopenghagen), Boyolali, Temanggung, Purworejo dan D.I Yogyakarta. Wilayah-wilayah tersebut memang berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang.

Keterangan lain yang ditambahkan di peta telur ceplok tersebut adalah dua tempat hits di Magelang, yaitu Artos Mall dan Candi Borobudur. Artos Mall disebutkan di bagian putih telur namun menempel di kuning telur. Ini menggambarkan Artos Mall memang berada di perbatasan Kota Magelang dan Kabupaten Magelang.

Adapun Candi Borobudur digambarkan berada di tengah putih telur, yang menegaskan bahwa candi ini berada di Kabupaten Magelang, bukan di Jogja.

Peta telur ceplok ini menjadi ilustrasi mudah untuk memahami bahwa Candi Borobudur bukan berada di Jogja. "Very simple map...!!! " tulis @yudiindrawjy saat mengunggah foto tersebut.

Advertisement

Peta telur ceplok ini langsung menjadi viral dan banyak dibagikan di media sosial.

"Terima kasih sangat bermanfaat sekali untuk dihapal," tulis @kocengcool.

Nah, gimana menurutmu ilustrasi peta Magelang tersebut?

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Begini Bantahan Satpol PP Kulonprogo Soal Dugaan Intimidasi ke Wali Murid

Kulonprogo
| Senin, 03 Oktober 2022, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Tanpa Lighting System, Pelanggan IndiHome Tetap Intim Menyaksikan Konser Westlife di Prambanan

Hiburan
| Senin, 03 Oktober 2022, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement