Ini Artis Rusia yang Akan Terbang ke Luar Angkasa

Ini Artis Rusia yang Akan Terbang ke Luar AngkasaYulia Peresild - istimewa
20 Mei 2021 23:27 WIB Mia Chitra Dinisari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Badan antariksa Rusia mengumumkan rencana meluncurkan aktris dan sutradara ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk mengerjakan pengambilan gambar film pertama di dunia di luar angkasa.

Aktris Rusia Yulia Peresild, 36, akan bergabung dalam misi tersebut bersama sutradara Kim Shipenko, 37. Duo ini akan meluncur di atas pesawat ruang angkasa Soyuz MS-19 dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan selatan pada 5 Oktober tahun ini.

Badan antariksa Rusia Roscosmos pada Kamis mengumumkan pembuatan film untuk "film tentatif yang disebut Challenge" akan berlangsung di atas ISS 250 mil di atas permukaan planet.

Namun, duo aktor-sutradara ini akan menjadi yang pertama melewati seleksi dengan sejumlah tes pra-penerbangan yang menantang.

Ini akan mencakup putaran di dalam centrifuge dan penerbangan di atas pesawat zero-g.

"Semua kandidat terpilih akan memulai pelatihan khusus untuk peserta penerbangan luar angkasa selambat-lambatnya 1 Juni. Antara lain, mereka harus melakukan tes sentrifus, uji getaran dan berdiri, melakukan penerbangan pengantar dan pelatihan di pesawat gravitasi nol, menjalani pelatihan parasut." papar mereka dilansir dari Express.

Kru cadangan untuk misi tersebut termasuk aktris berusia 33 tahun Alena Mordovina, dan sutradara Alexey Dudin, 40.

Meskipun Roscosmos telah menjelaskan sedikit tentang plot "drama luar angkasa", itu sedang diproduksi bersama oleh direktur jenderal agensi, Dmitry Rogozin.

Proyek ini juga akan melibatkan pengambilan gambar "serangkaian film dokumenter" tentang industri roket dan luar angkasa.

"Proyek ini akan menjadi contoh yang jelas dari fakta bahwa penerbangan luar angkasa secara bertahap tersedia tidak hanya untuk para profesional, tetapi juga untuk mereka yang tertarik. Selain tugas pendidikan, sejumlah masalah teknis dan teknologi baru akan dipecahkan."

ISS merupakan kolaborasi internasional yang dibangun oleh 15 negara, termasuk anggota European Space Agency (ESA).

Lima modul stasiun luar angkasa disediakan oleh Rusia dan membentuk segmen Rusia ISS tempat kosmonot bekerja dan tinggal.

Pengumuman Roscosmos bertepatan dengan berita miliarder Jepang Yusaku Maezawa juga sedang bersiap untuk mengunjungi ISS.

Hingga 17 November 2020, total 241 orang telah mengunjungi ISS, yang telah menjadi rumah bagi astronot selama 20 tahun hingga sekarang.

Semua peluncuran pribadi ke ISS dilakukan di atas pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia karena NASA telah mempertahankan kebijakan untuk tidak melayani penerbangan luar angkasa pribadi.

Namun, badan antariksa AS telah mengubah posisinya dan pembangkit tenaga listrik Hollywood, Tom Cruise, akan terbang ke stasiun luar angkasa musim gugur ini untuk membuat film.

Mantan administrator NASA, Jim Bridenstine, mengumumkan di Twitter pada Mei tahun lalu: "NASA sangat senang bekerja sama dengan @TomCruise dalam sebuah film di atas @Space_Station!

"Kami membutuhkan media populer untuk menginspirasi generasi baru insinyur dan ilmuwan untuk mewujudkan rencana ambisius @ NASA menjadi kenyataan."

Aktor ini diharapkan akan diluncurkan pada bulan Oktober tahun ini juga.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia