Coca Cola Berusia 135 Tahun, Ini Sosok Penemu dan Sejarahnya

Coca Cola Berusia 135 Tahun, Ini Sosok Penemu dan SejarahnyaCoca Cola - Istimewa
17 Juni 2021 11:47 WIB Mia Chitra Dinisari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Minuman soda bermerek Coca Cola kini banyak disebut warganet, menyusul aksi Cristiano Ronaldo yang menyingkirkan minuman soda itu saat konferensi pers di Euro 2020 lalu.

Coca cola adalah minuman yang berusia 135 tahun yang banyak digemari di seluruh dunia. Dikutip dari Coca-Cola.id minuman pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat di Jacobs Pharmacy.

Menurut wikipedia, dialah yang pertama kali mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai Coca-Cola.

Frank M. Robinson, sahabat sekaligus akuntan John, menyarankan nama Coca-Cola karena berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untuk periklanan. Kemudian, ia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir, Spencer, dan lahirlah logo paling terkenal di dunia yang sering kita lihat sekarang.

Chandler piawai dalam menciptakan perhatian konsumen dengan cara membuat berbagai macam benda-benda cenderamata berlogo Coca-Cola. Benda-benda tersebut kemudian dibagi-bagi di lokasi-lokasi penjualan penting yang berkesinambungan. Gaya periklanan yang inovatif, seperti desain warna-warni untuk bus, lampu gantung hias dari kaca, serta serangkaian cenderamata seperti kipas, tanggalan dan jam dipakai untuk memasyarakatkan nama Coca-Cola dan mendorong penjualan.

Upaya mengiklankan merek Coca-Cola ini pada mulanya tidak mendorong penggunaan kata Coke, bahkan konsumen dianjurkan untuk membeli Coca-Cola dengan kata-kata berikut: "Mintalah Coca-Cola sesuai namanya secara lengkap; nama sebutan hanya akan mendorong penggantian produk dengan kata lain". Tetapi konsumen tetap saja menghendaki Coke, dan akhirnya pada tahun 1941, perusahaan mengikuti selera popular pasar. Tahun itu juga, nama dagang Coke memperoleh pengakuan periklanan yang sama dengan Coca-Cola, dan pada tahun 1945, Coke resmi menjadi merek dagang terdaftar.

Dikutip dari Cocacola.id, coca cola dalam kemasan pertama kali dibuat tahun 1889, dengan menggunakan botol berbentuk hutchinson.

Hilda Clark adalah selebriti pertama yang menjadi bintang iklan pada tahun 1900. Sedangkan prototipe kontur botol dibuat oleh Alexander Samuelson.

Bentuk menyerupai lonceng bel merupakan bentuk gelas pertama coca cola yang dibuat pada 1929. Coca Cola menjadi produk pertama yang masuk majalah Time pada tahun 1950.

Kemudian, 10 tahun ke depan, atau 1960 dibuatlah Coca Cola versi kaleng seberat 12 ons.

Sumber : bisnis.com