Gejala Varian Delta Berbeda dengan Gejala Covid-19 Biasa?

Gejala Varian Delta Berbeda dengan Gejala Covid-19 Biasa?Ilustrasi wanita alami gejala awal Covid-19. Gejala Covid-19 varian Delta lebih menular dibandingkan dengan yang biasanya - Freepik.com
16 Juli 2021 13:47 WIB Rika Anggraeni Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Gejala varian Delta atau B.1.617.2 memiliki perbedaan dengan gejala virus corona biasa. 

Melansir dari nj.com, Jumat (16/7/2021), tidak banyak orang dengan varian Delta mengalami kehilangan rasa dan indra penciuman terkait dengan jenis virus corona awal.

“Gejala awal yang mungkin dimiliki seseorang dengan varian Delta lebih umum adalah pilek dan hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Itu adalah gejala yang lebih samar yang dapat disebabkan oleh segala macam hal,” kata Dr. Joel Tumlison, dokter tanggap wabah untuk Departemen Kesehatan Arkansas.

Sementara, jenis awal virus corona menyebabkan sakit tenggorokan, sakit kepala, dan hidung tersumbat. Tumlison mengatakan orang-orang dengan varian Delta menyadarinya lebih awal dan lebih mudah dibandingkan dengan jenis Covid-19 lainnya.

Lantas, apa saja gejala Covid-19 varian Delta?

Gejala varian Delta Covid-19 sedikit berbeda dari virus aslinya. Varian yang awalnya berasal dari India, memiliki berbagai gejala di antaranya:

- Sakit perut

- Sakit tenggorokan

- Sakit kepala

- Hidung tersumbat

- Kehilangan selera makan

- Muntah

- Mual

- Nyeri sendi

- Gangguan pendengaran

Dalam kebanyakan kasus, pasien dengan varian Delta lebih mungkin dirawat di rumah sakit, menderita komplikasi lain, dan membutuhkan oksigen.

Selain gejala yang telah disebutkan di atas, Ganesh Manudhane, ahli jantung di Mumbai, mengatakan telah melihat pasien dengan varian Delta yang memiliki gumpalan darah kecil.

“Saya melihat tiga hingga empat kasus sepanjang tahun lalu, dan sekarang menjadi satu pasien dalam seminggu,” kata Manudhane kepada Bloomberg.

Berbeda dengan Manudhane, Abdul Ghafur, spesialis penyakit menular dari India, mengatakan lebih banyak pasien mengalami diare dengan jenis Delta Covid-19 dibandingkan gelombang awal pandemi.

Untuk melindungi diri dari varian Delta dan gejalanya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan masyarakat harus mendapatkan salah satu dari tiga vaksin Covid-19 yang tersedia, seperti Moderna, Johnson & Johnson, atau Pfizer.

Selain mendapatkan vaksinasi, CDC juga mengimbau agar masyarakat tetap memakai masker, menjaga jarak enam kaki dari yang lain, dan mencuci tangan menggunakan sabun dan air.

Sumber : bisnis.com