Fotokopi KTP Gus Dur Beredar di Internet, Warganet Fokus pada Kolom Pekerjaan

Fotokopi KTP Gus Dur Beredar di Internet, Warganet Fokus pada Kolom PekerjaanSisi muka KTP Gus Dur. - Ist/tangkapan layar twitter @Netizen_NUjatim
05 Agustus 2021 09:27 WIB Nina Atmasari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Nama KH Abdurrahman Wahid yang merupakan presiden ke-4 RI, menjadi perbincangan sejumlah warganet. Awal mulanya, beredar fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik mantan presiden yang akrab disebut Gus Dur tersebut.

Fotokopi KTP Gus Dur itu dibagikan di media sosial twitter oleh akun @Netizen_NUjatim, Rabu (4/8/2021) malam. Ada dua foto yang dibagikan yakni dua sisi KTP yang merupakan KTP nonelektronik buatan tahun 2000 tersebut.

Di sisi pertama terdapat foto dan tanda tangan Gus Dur. Adapun di sisi kedua, merupakan data pribadi Gus Dur, meliputi nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, agama, status perkawinan, pekerjaan dan alamat. Tertulis di antaranya Gus Dur lahir di Jombang 4 Agustus 1940 dan KTP tersebut berlaku seumur hidup.

Di antara data identitas tersebut, ada satu yang menarik perhatian warganet, yakni kolom pekerjaan. Di KTP tersebut dicantumkan kolom pekerjaan adalah Presiden RI. Tentu saja menarik, sebab hanya satu orang di Indonesia yang memiliki pekerjaan dengan profesi ini.

Sejumlah warganet pun memenyoroti tentang kolom pekerjaan di KTP tersebut.

"Akhirnya jadi tahu KTP nya presiden tuu kolom pekerjaannya isinya apa..," komentar @AbdaRizka.

"That pekerjaan: Presiden RI..," tambah @taofan.

Gus Dur merupakan Presiden Indonesia yang keempat yang menjabat dari tahun 1999 hingga 2001. Pria yang lahir pada di Jombang, 7 September 1940 ini meninggal di Jakarta, 30 Desember 2009 pada umur 69 tahun.

Kolom pekerjaan sebagai Presiden RI juga pernah menjadi viral di era Joko Widodo. Pemicunya adalah pada 2020 lalu, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep membagikan foto Surat Izin Mengemudi (SIM) milik Jokowi.

Dalam akun Twitter @kaesangp, Senin (27/7/2020) malam, Kaesang mengunggah potongan foto SIM Jokowi. Foto tersebut memuat tempat dan tanggal lahir yakni Surakarta, 21-06-1961. Kemudian keterangan tinggi badan Jokowi 171 sentimeter dan keterangan pekerjaan Presiden RI.

Kaesang menuliskan keterangan dalam unggahannya tersebut, 'Buat yang penasaran aja'. Ia kemudian mencuitkan keterangan kembali bahwa foto yang diunggah adalah SIM bukan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Unggahan Kaesang ini menjawab pertanyaan warganet yang penasaran dengan keterangan pekerjaan Jokowi di KTP. Dalam suatu unggahan di Facebook yang kemudian ditangkap layar (screenshot) melalui Twitter, warganet bertanya 'Guys saya bingung, kalo presiden di KTP pekerjaannya apa ya?'.

Unggahan itu kemudian dikomentari Kaesang dengan keterangan 'cc: pak @jokowi'.

Nah, itulah isi kolom pekerjaan di kartu identitas Presiden RI.