Indonesia dan Thailand Jadi Pasar Terbesar Viu

Indonesia dan Thailand Jadi Pasar Terbesar Viu Situs dan aplikasi streaming film legal Viu - Tangkapan layar Viu.com
09 Agustus 2021 14:37 WIB Rika Anggraeni Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Viu, layanan streaming video mencatat angka pertumbuhan yang signifikan pada semester I/2021. Indonesia dan Thailand menjadi pasar terbesar selama pandemi Covi-19.

CEO Viu dan Managing Director PCCW Media Group Janice Lee mengatakan pengguna aktif bulanan atau monthly active users (MAU) tumbuh 37 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 49,4 juta per Juni 2021. Begitu pun dengan pelanggan berbayar yang juga naik 62 persen (yoy) menjadi lebih dari 7 juta serta pendapatan yang meningkat 47 persen (yoy).

Pertumbuhan layanan streaming online Viu didominasi oleh kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika yang secara konsisten menghasilkan pertumbuhan yang tinggi.

"Thailand dan Indonesia merupakan pasar pendorong utama yang memimpin pertumbuhan semester I/2021. Kedua negara ini dapat dibilang sebagai pasar Viu terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat," ujar Janice dalam keterangan resmi, Senin (9/8/2021).

Berdasarkan laporan penelitian terbaru dari AMPD Media Partners Asia (MPA), Viu terus menjadi nomor satu untuk jumlah pengguna aktif bulanan dalam tujuh kuartal berturut-turut di kawasan Asia Tenggara. Tidak berhenti di sana, Viu juga menempati peringkat kedua dalam pelanggan berbayar dan menit streaming di antara platform streaming video utama di Asia Tenggara pada semester I/2021.

Lebih dari 80 mitra jaringan menghasilkan Viu tumbuh dengan cepat. Mitra ini terdiri dari perusahaan telekomunikasi, produsen perangkat, bisnis ritel dan e-commerce, serta mitra distribusi konten.

Janice Lee mengatakan Viu berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman streaming video dan konten Asia terbaik bagi para konsumen.

“Kami melihat pertumbuhan yang kuat di semester I/2021, didukung oleh jajaran konten yang kuat dan ekosistem mitra yang diperkuat. Kombinasi analitik data dan kehadiran di pasar lokal memastikan kami benar-benar memahami konsumen,” sambungnya.

Viu, layanan streaming video pan-regional over-the-top (OTT) PCCW, tersedia di 16 pasar di seluruh Asia, Timur Tengah, dan Afrika Selatan dengan 49,4 juta pengguna aktif bulanan (MAU) per Juni 2021.

Layanan Viu tersedia untuk konsumen melalui model ganda dengan tingkat gratis yang didukung iklan dan tingkat berlangganan premium. Viu menawarkan serial TV premium baru, film dan program gaya hidup dalam bahasa lokal dan regional dan subtitle dalam genre yang berbeda dari penyedia konten top, serta produksi asli premium di bawah merek "Viu Original".

Di samping itu, Viu juga mengumumkan peluncuran Viu Original Korea terbaru, yaitu drama Korea yang berjudul Now, We Are Breaking Up yang menampilkan Song Hye Kyo dan Jang Ki Yong.

Sumber : JIBI/Bisnis.com