Beredar Foto Jadul Saat Personel Sheila On7 Jagong Manten, Warganet Sebut Ada Piring Terbang

Beredar Foto Jadul Saat Personel Sheila On7 Jagong Manten, Warganet Sebut Ada Piring TerbangFoto personel gru band Sheila On 7 saat jagong manten. - Ist/tangkapan layar twitter
11 Agustus 2021 13:07 WIB Nina Atmasari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Siapa tak kenal Sheila On 7. Grup musik ini dikenal karena liriknya yang sederhana namun mengena di hati dan enak didengar sampai saat ini.

Band yang tenar di era awal 2000-an ini merupakan band yang berasal dari Jogja. Sejumlah personel yang menjadi ikon grup ini adalah Duta yang menjadi vokalis, Adam (bass), Eross (gitar). Dua personel lain yang juga sudah banyak dikenal yakni Sakti (gitar) dan Anton (drum) kekinian sudah tidak lagi menjadi anggota. Adapun satu personel yang menggantikan yakni Brian.

Grup band ini sudah didirikan pada 1996, namun baru mulai ngetop setelah mengeluarkan album perdana mereka pada 1999 bernama Sheila On 7 (1999). Tiga album mereka lainnya juga meledak di pasaran yakni Kisah Klasik Untuk Masa Depan (2000), Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki (2000) dan 07 Des (2002). Lagu-lagu mereka dikenal bahkan sampai ke Malaysia.

Lagu-lagu Sheila on 7 tak lekang oleh waktu, diciptakan era 90-an tapi tetap enak didendangkan hingga abad 21. Entah itu didengarkan saat pertama rilis maupun setelah dua dekade berlalu, lagu mereka tetap hits dan enak didengar. Tak hanya itu, musik mereka pun menarik hati para millennials dan generasi muda. Karenanya, para personelnya masih menjadi idola, terutama bagi warga di Jogja.

Setelah menelurkan lagu berjudul Film Favoritku pada 2018, hingga kini Sheila On 7 belum merilis lagu baru lagi.

Kekinian, warganet di Jogja tiba-tiba diajak nostalgia para personel Sheila On 7 saat beredar foto jadul (jaman dahulu) para personel tersebut di media sosial. Lebih uniknya lagi, foto tersebut menunjukkan mereka sedang melakukan aktivitas yang kekinian sudah jarang dilakukan, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini.

Foto yang diunggah oleh akun @merapi_uncover pada Rabu (11/8/2021) itu menunjukkan Eros, Sakti, Duta, Adam saat menghadiri pernikahan yang dalam Bahasa Jawa disebut "jagong manten". Tidak disebutkan kapan foto tersebut diambil, namun keempat personel itu masih terlihat sebagai pemuda. Mereka duduk di kursi berjejer rapi bersama para tamu undangan lain.

Dalam keterangan fotonya, disebutkan bahwa menghadiri pernikahan pada zaman dahulu tradisinya adalah mengikuti prosesi acara sampai selesai. Para tamu disediakan tempat duduk yang dijejer rapi, sedangkan suguhan berupa makanan dan minuman akan diantar oleh petugas sinoman ke tempat duduk mereka.

"Jagong manten jaman dulu belum ada model pesta berdiri apa lagi drive thru, jadi tamu undangan mau ngak mau menunggu sampai prosesi pernikahan usai." tulis akun @merapi_uncover.

Foto yang disebutkan berasal dari Jogja Rikolo Semonoitu pun menjadi perhatian warganet. Beragam komentar pun muncul, ada yang senang dengan munculnya foto idola mereka, ada pula yang lalu nostalgia zaman dahulu.

"tentu saja,sebagai Sheila Gank senang bahagia melihat ini." tulis @kantorberita_.

"Lawasan banget iki," tambah @wachid_ka.

"Jagong manten piring terbang," tulis @BrillyanKicox.
Piring terbang adalah istilah sistem resepsi pernikahan yang dilakukan dengan menugaskan banyak personel untuk mengantarkan makanan dan minuman ke para tamu undangan. Piring dan gelas dibawa menggunakan baki lalu diantar ke tempat duduk tamu. Sejumlah petugas ditempatkan di dekat tamu untuk menyerahkan piring-piring tersebut kepada para tamu, sehingga warga mengistilahkan dengan piring terbang.