10 Air Terjun Indah Tersembunyi di Pulau Jawa, Beberapa Ada di Jogja

10 Air Terjun Indah Tersembunyi di Pulau Jawa, Beberapa Ada di JogjaAir terjun
20 Agustus 2021 22:07 WIB Ayyubi Kholid Saifullah Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pulau jawa dikenal sebagai pulau terbesar di Indonesia dan memiliki banyak tempat wisata yang indah.

Ada beberapa spot paling terkenal di Indonesia yang terletak di pulau jawa, seperti Gunung Merapi di Jawa Tengah, Kawah Putih di Jawab Barat serta Gunung Bromo di Jawa Timur.

Namun, masih ada spot tersembunyi yang berada di pulau ini, seperti air terjunnya. Di lansir dari Indonesia.travel ada 10 air terjun indah yang dapat menghiasi hari liburan Anda.

1. Curug Citambur, Cianjur — Jawa Barat

Terletak 37,5 kilometer dari Ciwidey, Bandung. Curug Citambur bisa menjadi opsi wisata alam anda di Jawa Barat.

Airnya jatuh dari ketinggian 130 meter dan memantulkan kabut ajaib di bawahnya. Kehijauan yang mengelilingi Curug Citambur membuat pemandangan semakin memukau.

Wisatawan bebas untuk memercikkan air atau berendam di kolam di bawah air terjun. Jika ingin tinggal lebih lama, Anda juga bisa menggunakan fasilitas camping ground di dekat air terjun.     

2. Geopark Ciletuh, Sukabumi — Jawa Barat

Geopark Ciletuh menawarkan banyak atraksi seperti pemandangan pegunungan, air terjun, ladang, dan pantai dan sudah di akui oleh UNESCO sebagai salah satu Geopark Global

Aksi utama di Geopark Ciletuh adalah air terjun nya, dengan gemuruh air dan bukit berbatu coklat di belakang.

Anda bisa mengunjungi setidaknya lima air terjun yang mempesona di Geopark Ciletuh, yaitu Air Terjun Awang, Cimarinjung, Puncak Manik, Cikanteh dan Sodong.

3. Sri Gethuk, Gunung Kidul — Yogyakarta

Memiliki pemandangan yang unik yaitu Karst kering dan air pirus, Sri Gethuk yang terletak di Gunung Kidul, wilayah selatan provinsi Yogyakarta juga menjadi target wisata banyak turis.

Air terjun setinggi 80 meter ini memiliki tiga mata air yang mengalir melalui bebatuan menuju Sungai Oya yang dapat anda jadikan opsi liburan anda.

4. Pantai Jogan, Gunung Kidul — Yogyakarta

Pantai Jogan di Gunung Kidul, Yogyakarta menawarkan pengalaman unik menikmati deburan ombak dan tetesan air tawar. Pantai ini merupakan satu-satunya pantai yang memiliki air terjun di Yogyakarta. Namun, Anda tidak dapat melihat air turun setiap hari karena hanya terjadi pada musim hujan, antara bulan Oktober dan Maret.   

5. Luweng Sampang, Gunung Kidul —Yogyakarta

Luweng Sampang lebih dari sekedar air terjun. Lapisan garis berkontur pada bebatuan tegak menjadi daya tarik air terjun ini. Tempat yang kurang wisata ini memiliki aliran yang lembut yang sangat cocok untuk berenang atau bermeditasi.

6. Grojogan Sewu, Karanganyar — Jawa Tengah

Lereng Gunung Lawu, Grojogan Sewu benar-benar merupakan air terjun yang indah, terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Namun, perhatikan barang bawaan Anda karena pasukan monyet ekor panjang akan mengikuti langkah Anda saat berjalan. Anda bisa mencapai air terjun ini dengan menempuh waktu sekitar 1 jam berkendara dari Kota Solo.

7. Curug Cipendok, Banyumas — Jawa Tengah

Curug Cipendok terletak di dalam hutan tropis di lereng Gunung Slamet, sehingga suhu udara sekitar 20 derajat Celcius dengan intensitas curah hujan yang tinggi. Perpaduan sempurna antara udara segar dan embun membuat suasana damai namun tenteram di sekitar air terjun ini. Curug Cipendok berdiri di ketinggian 90 meter yang menimbulkan suara gemuruh di setiap tetesnya. Selain air terjun utama, ada beberapa air terjun mini yang bisa Anda gunakan untuk bermain air.

8. Nglirip, Tuban — Jawa Timur

Terletak 25 kilometer dari kota Tuban, air terjun Nglirip memiliki kolam air pirus yang mengesankan di bawah air terjun. Air terjun setinggi 28 meter ini berdiri di atas batu kapur yang lumayan besar dengan aliran yang relatif rendah.

Namun, masyarakat setempat tidak menyarankan pengunjung untuk berenang di kolam di bawah air terjun karena sangat dalam.

9. Coban Sewu, Lumajang — Jawa Timur

Dinamakan Coban Sewu atau secara bahasa berarti “Air Terjun Seribu” karena terlihat seperti ngarai besar yang dikelilingi banyak air terjun kecil, membuatnya tampak seperti seribu tirai jatuh dari ngarai setinggi 120 meter.

Anda bisa mencapai air terjun ini dengan menempuh waktu 2 jam berkendara dari Malang menuju desa Sidorenggo di Lumajang.

Namun, petualangan selanjutnya ada pada saat anda harus turun ke dasar jurang dengan tangga bambu dan mengikuti arus untuk sampai di ngarai.

10. Lawean, Tulungagung — Jawa Timur

Air terjun Lawean terletak di desa Turi, Tulungagung. Anda perlu berkendara sekitar 25 kilometer dari kota Tulungagung untuk sampai di air terjun ini. Setelah itu, Anda perlu berjalan di jalur hutan sejauh 3 kilometer untuk mencapai air terjun. Semua kerja keras dan usaha akan terbayar setelah Anda dapat melihat alam dan air murni di depan mata Anda.

Sumber : bisnis.com