Jet Li dan 4 Artis Ini Dikabarkan Masuk Daftar Hitam Pemerintah China

Jet Li dan 4 Artis Ini Dikabarkan Masuk Daftar Hitam Pemerintah ChinaJet Li. - Instagram
07 September 2021 12:27 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sejumlah artis di China masuk daftar hitam pemerintah China. Belum lama ini daftar yang diduga adalah daftar reorganisasi beredar di internet.

Selain itu, dalam daftar tersebut juga menyebutkan bahwa ada sejumlah batasan bagi selebriti dengan kewarganegaraan asing. Hasilnya, sejumlh seleb pun masuk daftar hitam.

Berikut adalah deretan artis yang masuk daftar hitam pemerintah China.

1. Jet Li

Dilansir dari The Strait Times, rumor ini bermula dari sutradara Tiongkok Zhou Guogang, menyatakan spekulasinya bahwa Jet Li akan menjadi aktor berikutnya yang akan diblokir oleh pemerintahan China. Diketahui, Jet Li saat ini memegang kewarganegaraan Singapura.

"Cepat larikan diri. Bulan depan rumahmu mungkin saja runtuh," kata Zhou Guogang memperingati Jet Li yang masuk dalam daftar tujuh artis yang akan diblokir.

2. Vicky Zhao

Aktris Vicky Zhao menghebohkan publik karena namanya saat ini tak bisa ditemukan di laman internet China. Nama artis di serial Putri Huan Zhi itu diceka sehingga seluruh nama dan karyanya dihapus.

Skandal Vicky Zhou sendiri belum jelas alasannya, namun masyarakat China mengira bahwa hal ini berhubungan dengan konflik pemerintah dengan Jack Ma, pemilik saham Alibaba Pictures Group.

3. Kris Wu

Mantan personel grup EXO, Kris Wu juga masuk daftar hitam pemerintah Cina. Saat ini, Kriw Wu tengah menghadapi tuduhan pelecehan seksual dan pemerkosaan terhadap beberapa wanita.

4. Liu Yifei

Pemeran film Mulan ini juga turut masuk daftar hitam Pemerintah Cina. Saat ini Liu Yifei berkewarganegaraan Amerika Serikat. Namun, belum pasti apa alasan Li Yifei masih daftar hitam tersebut.

5. Zheng Shuang

Aktor Zheng Shuang masuk daftar hitam pemerintah Cina diduga karena melakukan penggelapan pajal. Zheng Shuang juga tengah menghadapi denda sebesar 46,1 juta dolar karena kasus tersebut.

Selain itu, karya Zheng Shuang juga ditarik dari platform streaming dan para produser diminta untuk tidak menggunakan aktor tersebut di masa depan.

Selain mereka ada pula beberapa artis lain yang memegang kewarganegaraan asing. Mereka adalah Nicholas Tse (Kanada), Zhang Tielin (Inggris), Mark Chao (Kanada), Will Pan (Amerika), dan Wang Leehom (Amerika).