Ini Rekomendasi Sejumlah Film Sejarah Indonesia yang Ada di Netflix

Ini Rekomendasi Sejumlah Film Sejarah Indonesia yang Ada di NetflixFilm Soekarno. - ilustrasi
29 September 2021 19:37 WIB Dinda Aulia Ramadhanty Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sejarah menarik untuk diketahui masyarakat luas baik masyarakat lokal ataupun luar.

Masyarakat Indonesia bisa menyaksikan sejarah Indonesia yang didokumentasikan secara menarik dan diperankan oleh artis papan atas. Dengan film, informasi sejarah yang disampaikan bakal lebih mudah diterima dan dinikmati teruntuk mereka yang tidak sempat membaca sejarah dalam bentuk tulisan. 

Simak lima rekomendasi film sejarah tentang Indonesia yang dapat dinikmati penonton melalui platform streaming Netflix:

  1. Soekarno 

Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini mengisahkan drama biografi tentang presiden pertama Indonesia, Soekarno yang mengambil kisah perjuangan nasionalisnya untuk merebut kemerdekaan dari kekuasaan kolonial Belanda.

Film Soekarno mengisahkan karakter Kusno kemudian diganti menjadi Soekarno yang berusaha menyatukan rakyat, mahasiswa serta tokoh-tokoh nasional untuk menyadari pentingnya kemerdekaan Indonesia. Pidato legenda yang kala itu jadi peristiwa sejarah Soekarno juga dibuat ulang dalam film dan menjadi sorotan. 

Film yang rilis pada 11 Desember 2013 diperankan oleh deretan aktor dan aktris terkenal seperti Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, Tanta Ginting, dan Ferry Salim.

film soekarno

  1. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Berlatar belakang pada tahun 1912 tentang seorang aktivis bernama Jawa Omar Said Tjokroaminoto yang mendirikan partai Sarekat Islam (SI) untuk melawan ketidakadilan akan rezim kolonial Hindia Belanda. 

Film ini mengadaptasi dari sejarah kehidupan nyata para tokoh penting, pahlawan nasional, dengan maksud mewujudkan memperjuangkan kemerdekaan dari perspektif pendidikan dan iman. Film yang rilis pada tahun 2015 ini menghadirkan para aktor ternama dan veteran Indonesia diantaranya Reza Rahadian, Christine Haki, dan Didi Petet. 

film guru bangsa pahlawan revolusi

  1. Kartini

Sebagaimana menyesuaikan pada kisah nyata, film Kartini merupakan film biografi drama akan sosok Kartini, wanita yang terkenal memiliki peran utama pahlawan emansipasi wanita Indonesia.

Digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo dan Bagus Bramanti, film Kartini juga menghadirkan sederet aktris papan atas seperti Dian Sastrowardoyo yang memerankan Kartini, kemudian terdapat Ayushita dan juga Acha Septriasa. 

film kartini

  1. Gie

Merupakan salah satu film lawas yang rilis pada tahun 2005 ini terinspirasi oleh peristiwa nyata dari seorang aktivis Indonesia, Soe Hok Gie yang mengalami kebangkitan politik selama rezim Soeharto dan Soekarno.

Soe Hok Gie merupakan seorang mahasiswa keturunan Tionghoa dan menjalani kehidupan di Jakarta. Ia yang memang memiliki semangat juang dan rasa cinta kepada Indonesia membuat dirinya menjadi seseorang yang memiliki pribadi tidak toleran akan ketidakadilan hingga melawan rezim yang berkuasa kala itu, dengan menulis artikel kritikan terhadap pemerintah. 

Film Gie yang telah memperoleh penghargaan pada Piala Citra Festival Film Indonesia 2005 ini disutradarai oleh Riri Riza dan dibintangi oleh aktor ternama Indonesia Nicholas Saputra.

film gie

  1. Bumi Manusia 

Berbeda dibandingkan rekomendasi film sebelumnya, garapan sutradara Hanung Bramantyo ini, Bumi Manusia adalah film hasil adaptasi dari novel karya penulis laris Internasional Pramoedya Ananta Toer.

Film Bumi Manusia mengisahkan tentang seorang wanita kerajaan Jawa dan setengah Belanda yang jatuh cinta saat Indonesia bangkit untuk merdeka dari pemerintahan kolonial. Berlatar abad ke-20 an, lika liku romansa yang terjadi adalah dampak dari masih adanya tatanan sosial yang berlaku.

Cerita non-fiksi ini menggambarkan sejarah antara Belanda dan Indonesia yang menceritakan bagaimana perjuangan melawan sistem kolonial. Bumi Manusia menggaet aktor Iqbaal Ramadhan dan aktris Mawar Eva de Jongh.

film bumi manusia

Sumber : Bisnis.com