Profil Alec Baldwin, Aktor yang Tembak Sinematografer Hingga Meninggal

Profil Alec Baldwin, Aktor yang Tembak Sinematografer Hingga MeninggalAlec Baldwin - New York Times
23 Oktober 2021 19:17 WIB Dinda Aulia Ramadhanty Hiburan Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Alec Baldwin, aktor Hollywood papan atas, menjadi topik pembicaraan setelah secara tak sengaja menembak seorang sinematografer Halyna Hutchins dan melukai sutradara Joel Souza hingga tewas. Alec Baldwin menembakkan pistol di lokasi syuting film "Rust".

Insiden penembakan yang dilakukan Alec Baldwin terjadi di selatan Santa Fe, Amerika Serikat. Kondisi terbaru pada kedua korban yaitu Hutchins telah diangkut menggunakan helikopter ke Rumah Sakit Universitas New Mexico.

Hutchins dinyatakan meninggal dunia. Sementara itu, sutradara Souza dibawa dengan ambulans ke Pusat Medis Regional Christus St. Vincent untuk menjalani perawatan.

Alec Baldwin atau dengan nama asli Alexander Rae Baldwin III lahir pada 3 April 1958 di Amityville, New York, sebagai anak kedua dari enam bersaudara. Dia dibesarkan di Massapequa, pinggiran di Long Island, New York. Diantara saudara-saudaranya, Daniel, William, dan Stephen juga merupakan aktor.

Baldwin kuliah di Universitas George Washington jurusan ilmu politik. Namun, kecintaannya akan akting pada masa kecil muncul kembali saat itu, hingga akhirnya memutuskan pindah ke Manhattan untuk mendaftar di departemen drama Universitas New York, dimana dia belajar di Lee Strasberg Institute. Salah satu pekerjaan awal Baldwin yaitu bekerja sebagai anak bus di klub malam legendaris Studio 54 di New York City.

Baldwin menikah dengan aktris Kim Basinger pada 1993 dan melahirkan seorang anak perempuan bernama Irlandia Eliesse. Namun, selang tujuh tahun pernaikahan, pada Januari 2001, Basinger mengajukan gugatan cerai.

Setelah perpisahan pasangan tersebut sempat menghadirkan beberapan tuduhan pelecehan dan alkoholisme, hingga perebutan hak asuh yang kejam atas putri pasangan itu. Dalam sidang perceraian pasangan tersebut pada 2004, Baldwin memeroleh hak asuh bersama atas putrinya yang dicabut kemudian oleh pengadilan pada Mei 2007.

Karier Alec Baldwin dimulai pada 1980 ketika dia berperan dalam sinetron siang hari The Doctors. Setelah itu, Baldwin mendapat peran dalam film primetime Knot's Landing yang tayang pada 1984 hingga 1985. 

Pada 1986, Baldwin membuat debut Broadway di Joe Orton's Loot, yang berlanjut setahun kemudian debut film pertamanya di Forever Lulu. Selama bertahun-tahun, Baldwin telah menunjukkan kepandaiannya sebagai aktor dalam dunia film.

Berikut sejumlah daftar film yang pernah dibintangi Alec Baldwin dari tahun ke tahun:

1. Beetlejuice
2. Working Girl
3. The Hunt for Red October
4. The Cooler
5. The Departed
6. Mission Impossible: Rogue Nation
7. Mission Impossible: Fallout

Atas perjalanan karirnya, Baldwin berhasil menerima dua Emmy Awards dan tiga Golden Globe untuk perannya sebagai eksekutif TV Jack Donaghy dalam sitkom 30 Rock dan memegang rekor sebagai pembawa acara Saturday Night Live paling sering.

Selain di dunia film, pada 2008, Baldwin menerbitkan buku A Promise to Ourselves, yang mendokumentasikan perjuangannya untuk mempertahankan hak asuh dan kunjungan untuk putrinya.

Dalam buku itu, Baldwin mengungkapkan bahwa dia telah menghabiskan jutaan dolar untuk bepergian, membeli rumah di dekat Basinger, dan mengambil jeda dalam karirnya agar bisa dekat dengan putrinya.

Dia menuturkan rasa frustrasinya bocor ke panggilan telepon yang ditunjuk pengadilan kepada putrinya. Pada 2009, Baldwin mengaku dalam wawancara kepada majalah Playboy bahwa dia pernah mempertimbangkan untuk bunuh diri atas insiden pesan suara tersebut.

Selanjutnya pada 2017, sebelum merilis memoarnya di Nevertheless, Baldwin memberikan wawancara kepada pembawa acara Good Morning America George Stephanopoulos. Kala itu, dia membahas perjuangannya dengan alkoholisme, overdosis obat yang dirahasiakannya selama bertahun-tahun dan mulai sadar pada 1985. 

Dua tahun tersebut Baldwin mengaku menjadi waktu tersulitnya karena hidup sebagai pengguna narkoba dan peminum alkohol setiap hari.

"Saya sadar ketika menginjak usia 27 tahun,”  kata Baldwin dalam wawancara seperti dikutip dari biography.com, Jumat (22/10/2021).

Baldwin aktivis vokal untuk People for the Ethical Treatment of Animals, dan telah menjadi kontributor organisasi teater komunitas, termasuk Bay Street Theatre di Sag Harbor, New York, dan Circle Repertory Theatre yang sekarang sudah tidak berfungsi di New York City. 

Selain itu, Baldwin juga berada di dewan direksi The Creative Coalition, People for the American Way, New York City Center dan The Drama League of New York.

Sumber : JIBI/Bisnis.com