Viral Kota Doraemon Disebut Mirip Magelang, Dorayaki Adalah Apem!

Viral Kota Doraemon Disebut Mirip Magelang, Dorayaki Adalah Apem!Warganet menyebut apem mirip dengan kue dorayaki dalam serial Doraemon. - Ist/tangkapan layar TikTok
24 Oktober 2021 17:07 WIB Nina Atmasari Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Pencinta tokoh kartun Doraemon mengenal karakter tersebut berasal dari Jepang. Doraemon dan tokoh-tokoh dalam serial tersebut diciptakan oleh Fujiko F Fujio dengan latar kehidupan di Jepang.

Dalam serial kucing ajaib tersebut, ada sejumlah tokoh yakni Nobita, Takeshi Goda alias Giant, Suneo Honekawa, Shizuka Minamoto. Mereka adalah sahabat yang bertetangga dan merupakan siswa di sekolah yang sama.

Belakangan muncul anggapan bahwa beberapa hal dalam serial Doraemon mirip dengan yang ada di Magelang. Hal itu diungkap oleh warganet di media sosial TikTok.

Akun emiilbmz mengungkap bahwa Doraemon berasal dari Magelang. Ia pun menyebut ada dua kemiripan dari yang ada di film Doraemon dengan hal yang ada di Magelang.

1. Kota Tempat Tinggal Nobita Mirip Lembah Tidar

Bagi pencinta seriap Doraemon tentu tidak asing denganpemandangan belakang sekolah Nobita. Dalam serial tersebut sering ditampakkan di kota tempat mereka tinggal ada sebuah bukit kecil. Di lembah bukit itu terdapat kota yang penuh dengan bangunan dan pemukiman.

Rupanya, tata kota ini mirip dengan Kota Magelang. Di Kota Magelang juga terdapat bukit kecil yakni Gunung Tidar, yang di lembahnya terdapat gedung-gedung dan pemukiman penduduk yang mengelilingi bukit tersebut.

Jika difoto dari jauh, tampak bentang alam dan tata kota keduanya mirip.

2. Dorayaki adalah Apem

Dalam serial Doraemon, digambarkan bahwa ada makanan favorit Doraemon dan Nobita adalah kue dorayaki. Dorayaki adalah kue tradisional Jepang. Kue ini dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah.

Nah, di Magelang juga ada makanan tradisional yang mirip dengan dorayaki yaitu apem. Apem adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang didiamkan semalam dengan mencampurkan telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam kemudian dibakar atau dikukus. Bentuknya pun bulat tembam berwarna coklat, mirip dengan dorayaki.

"GUAA BARU NYADARR, KUE APEM IS DORAYAKI," tulis akun emiilbmz.

Video yang menjelaskan tentang kemiripan Doraemon dengan Magelang ini pun menjadi viral. Video yang diunggah di TikTok pada 12 Oktober 2021 itu telah ditonton 1,5 juta kali, disukai 181.700 kali dan dikomentari 3.609 kali.

Komentar warganet pun macam-macam.

"Nama asli nobita: nurbito," komentar akun it's mme.

"Nama asli Suneo adalah Sumarno," komentar CaffeinBoy.

"Nama asli giant itu guntoro," tambah akun intan payung.

"fix mbok'e Giant bakul pecel," tambah akun Salam Dari Binjay.

Nah, itulah kemiripan antara setting dalam tokoh kartun Doraemon dengan Magelang. Meski hanya mencocokkan kemiripan, namun pengungkapan oleh warganet ini cukup menghibur.