Advertisement

Penyanyi Magelang Rilis Lagu Borobudur Saksi Ati

Media Digital
Kamis, 28 Oktober 2021 - 15:37 WIB
Budi Cahyana
Penyanyi Magelang Rilis Lagu Borobudur Saksi Ati Woro Widowati - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat para seniman lokal di Jawa Tengah untuk tetap berkarya. Salah satunya penyanyi asal Magelang Jawa Tengah, Woro Widowati, 19, yang merilis lagu berjudul Borobudur Saksi Ati.

Penyanyi muda berbakat ini sebelumnya dikenal melalui cover-cover lagu berbahasa Jawa di kanal Youtube pribadinya, Woro Widowati Official yang sudah memiliki jutaan subscriber. Suaranya yang khas dan merdu ternyata berhasil mencuri perhatian publik.

Advertisement

Kali ini, lewat lagu terbarunya berjudul Borobudur Saksi Ati ciptaan Lek Dahlan, Woro ingin memperkenalkan kemegahan Kawasan Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur memang menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Pengembangan Candi Borobudur dan sekitarnya saat ini pun masih terus dilakukan.

Video klip lagu yang bercerita tentang patah hati ini pun berlatar eksotisnya Candi Borobudur yang sudah diakui UNESCO sebagai World Cultural Heritage.

Lagu Borobudur Saksi Ati resmi dirilis di laman Youtube Woro Widowati pada Kamis (28/10/2021) atau bisa diakses melalui link https://youtu.be/phsIlqKhI6k.

"Lewat lagu ini saya ingin memperkenalkan ini loh kekayaan kita, betapa megahnya Candi Borobudur, peninggalan sejarah yang kita pun harus ikut andil dalam melestarikannya," tutur Woro.

Di sisi lain, Woro juga mengajak musisi-musisi lokal untuk tetap tangguh berkarya meskipun pandemi masih melanda.

Menurutnya, tidak bisa manggung seperti sebelumnya bukan lagi sesuatu yang perlu diratapi. Banyak peluang dan kesempatan yang bisa dicoba untuk tetap eksis dalam berkreasi.

"Meskipun masih pandemi, ayo kawan-kawan, kita tetep bisa eksis kok. Apalagi Pak gubernur kita, Pak Ganjar juga begitu mendukung seniman dan memberi ruang untuk berkreasi, seperti yang belum lama ini dilakukan, lewat Lapak Ganjar Musik," tambah Woro.

Lapak Ganjar Musik memang gebrakan baru dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk turut mempromosikan karya musisi lokal. Hal ini terinspirasi dari situasi pandemi yang membuat para pelaku seni tak lagi bisa manggung seperti biasa. Beralih ke media digital untuk memasarkan karyanya menjadi salah satu dorongan yang diberikan Ganjar para para musisi lokal.

Sementara itu, sebagai pencipta lagu, Dahlan Efendi atau akrab dikenal Lek Dahlan mengaku keberadaan Candi Borobudur begitu menginspirasinya untuk menciptakan lagu.

Terlebih saat ini, sektor hiburan dan pariwisata sama-sama terdampak pandemi. Selain berkarya, ia berharap lagu ciptaannya dapat diterima masyarakat sekaligus turut membantu pemerintah mengenalkan Candi Borobudur lebih luas lagi.

"Liriknya kan 'Aku kuat koyo candi'. Nah ini menginspirasi saya, kita punya Candi Borobudur. Kemegahan arsitektur dan keindahan pemandangan ini yang luar biasa," kata musisi lokal asal Ngawi, Jawa Timur yang juga menciptakan lagu Los Dol tersebut. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ribuan Calon Jemaah Haji Sleman Mulai Ikut Manasik

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Film Dua Hati Biru Ajarkan Para Aktor Belajar Mengelola Rumah Tangga

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement