Garin Nugroho Bikin Film "Sepeda Presiden"

Garin Nugroho Bikin Film Sutradara Garin Nugroho (kanan) didampingi artis Ariel Tatum saat merilis poster resmi film "Sepeda Presiden" dalam rangkaian 40 Tahun Garin Nugroho Berkarya pada acara Bali International Film Festival (BALINALE) 2021 di Kuta, Badung, Bali, Minggu (14/11/2021) malam./Antara News Bali-Nyoman Hendra - 2021
15 November 2021 13:37 WIB Newswire Hiburan Share :

Harianjogja.com, BALI-Garin Nugroho melahirkan sebuah karya film berjudul "Sepeda Presiden" setelah melalui proses syuting selama satu bulan di Papua. Poster resmi film tersebut dirilis dalam rangkaian 40 Tahun Garin Nugroho Berkarya pada "Bali International Film Festival (BALINALE) 2021" di Kuta, Badung, Bali.

"Film ini adalah film Natal utuh di Indonesia, selama ini tidak pernah ada film Natal di Indonesia dan juga tidak ada film musikal anak-anak Indonesia Timur, sementara ada bakat musikalisasi dari Indonesia Timur," kata sutradara kenamaan Garin Nugroho saat diwawancarai di sela acara Bali International Film Festival di Kuta, Minggu (14/11/2021) malam.

Film "Sepeda Presiden" yang disutradarai Garin Nugroho dan diproduksi oleh rumah produksi Radepa Studio tersebut dikemas menjadi sebuah film keluarga yang bertujuan mengajak masyarakat bernyanyi dan bergembira.

Ia mengaku lewat film ini juga bisa menemukan bakat anak-anak dari Papua, melalui film ini pula bisa beragama dengan gembira dan tidak ada ketegangan dalam beragama.

Film tersebut dibintangi Ariel Tatum, Sita Nursanti, Ian William, Joanita Idol dan Papua Kids yakni tiga anak Papua yang berbakat Arnold Asmuruf, Franken Ramandei, dan Elias Pandawa.

Baca juga: Momen Aktor Twilight Taylor Lutner Lamar Kekasihnya Tay Dome

Film tersebut menjadi salah satu penanda 40 tahun Garin Nugroho berkarya dari kecintaannya terhadap anak-anak , musik, Indonesia, dan negeri Papua.

"Meskipun sudah berkali-kali saya mengunjungi Papua, namun kecintaan dan kekaguman dengan keindahan tanah Papua tidak pernah berkurang sedikitpun," katanya.

Ia menambahkan Papua adalah sebuah sumber spirit, sumber talenta acting, tari, nyanyi dan kegembiraan.

Film "Sepeda Presiden" adalah representasi dari kisah mimpi dan harapan anak-anak Indonesia dan juga merupakan film tentang literasi yakni literasi digital maupun literasi informasi.

Film tersebut mengangkat cerita tentang impian kebanyakan anak-anak Indonesia untuk bisa memiliki kebahagiaan yang sama dimiliki oleh saudara-saudara yang lainnya yang memiliki kelimpahan informasi dan segala kemudahan yang dinikmati oleh anak-anak metropolitan.

Kaget

Artis Ariel Tatum yang merupakan pemeran dalam film "Sepeda Presiden" tersebut mengaku kaget saat mendapat tawaran bermain dalam film ini.

"Awalnya saya baca ceritanya tapi saya tidak dikabari siapa sutradaranya, setelah itu baru saya dikabari kalau sutradaranya Mas Garin," katanya

Bahkan, Garin Nugroho secara mendadak mengajaknya shooting ke Papua yakni sebelum syuting dimulai.

Bagi Ariel Tatum, film "Sepeda Presiden" ini unik karena untuk pertama kalinya ia syuting tanpa memegang skenario dan keseruan lainnya yang ia rasakan juga karena baru pertama kali syuting dengan anak-anak.

Sementara itu, Produser Film, Avesina Soebli mengatakan bahwa Garin Nugroho merupakan sosok yang membawa wajah baru dalam dunia perfilman Indonesia.

"Hari pertama film ini datang ke studio, saya nonton langsung, saya merasa degdegan," katanya.

Dalam film ini berisi sebanyak 17 lagu yang digarap selama satu bulan dan dinyanyikan delapan orang, bahkan Ariel Tatum menyanyikan sebanyak lima lagu dalam film ini dan rencananya film ini tayang bulan Desember 2021.

Sumber : Antara