Advertisement

Spectrum Optica, Pindai Inderawi ala Sumonar 2021

Galih Eko Kurniawan
Selasa, 07 Desember 2021 - 08:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Spectrum Optica, Pindai Inderawi ala Sumonar 2021 Salah satu karya instalasi dalam Sumonar 2021. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Festival internasional seni cahaya, Sumonar, kembali dilaksanakan pada tahun ini. Mengambil tempat di Jogja National Museum, pameran berlangsung dari Senin (6/12/2021) sampai Minggu (12/12/2021).

Kurator Sumonar 2021, Ignatia Nilu, memaparkan kehadiran cahaya di dalam konstelasi keseharian manusia membawa ketertarikan untuk menginvestigasi proses berelasi spektrum cahaya hari ini dengan dinamika sosial, alam, dan pengetahuan.

Advertisement

Spectrum Optica dimaknai sebagai pindai inderawi untuk menangkap spektrum gelombang elektromagnetik. Tepatnya, merupakan bagian dari spektrum optik kasat mata manusia.

“Unsur cahaya hadir sebagai spektrum utama yang diolah. Dalam Sumonar kali ini, seniman hadir dengan mengonfigurasikan cahaya bergerak yang dikerjakan secara digital maupun komputasi digital,” tuturnya dalam jumpa pers pembukaan Sumonar 2021 di Jogja National Museum, Senin (6/12/2021).

Nilu mengungkapkan Sumonar tahun ini berusaha mengajak membagikan pengalaman estetis melalui rengkuhan kenangan yang berpendar pada setiap titik cahaya. Titik-titik cahaya ini dihadirkan para seniman yang diundang untuk mengekspresikan gagasan.

Fani Cahya Putra dari Jogjakarta Video Mapping Project (JVMP) menambahkan penyelenggaraan Sumonar tahun ini mencoba untuk mengembalikan kebiasaan masyarakat umum yang bertemu, mengapresiasi karya seni cahaya, berjejaring untuk berbagi kebaikan apapun yang pada gelaran tahun lalu masih sangat terbatas dengan kondisi yang tidak mudah untuk diwujudkan seperti sekarang ini.

Tahun ini Sumonar memiliki beragam sajian program yang dapat dinikmati setiap harinya dari pukul 13.00 WIB hingga 21.00 WIB di JNM dengan kunjungan yang terbatas dan mematuhi protokal kesehatan serta melakukan registrasi melalui formulir yang telah disediakan.

Artis-artis yang tampil di Sumonar kali ini seperti 404 Zero, Blanco Benz Atelier, Budi Prakosa, Eldwin Pradipta, Iyok Prayogo, Marcel Schwittlick, Paguyuban Algrove Indonesia, Patrick Hartono, Sanjonas, Utami Atasia Ishii, Venzha Christ dan Plan X.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Siap-Siap! Ini Jadwal dan Cara Ikut War Tiket Konser Sheila on 7

Hiburan
| Kamis, 18 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement