Mbah Minto Meninggal Dunia, Ganjar Pranowo: Panjenengan Tiyang Sae

Mbah Minto Meninggal Dunia, Ganjar Pranowo: Panjenengan Tiyang SaeTangkapan layar materi visual berisi doa untuk Mbah Minto Klaten dari partner kreator Youtubenya, Ucup melalui unggahan di akun Instagram. - Instagram/ucup_jbsklaten
23 Desember 2021 09:37 WIB Bernadheta Dian Saraswati Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Mbah Minto, sosok yang tenar berkat video parodi "Gagal Mudik", meninggal dunia, Rabu (23/12/2021). Kabar kepergiannya trending di Twitter hingga pagi ini, Kamis (23/12/2021).

Hingga berita ini ditulis, kata "Mbah Minto" sudah ditweet lebih dari 3.500 kali. Perempuan yang memiliki nama lengkap Minto Suwito Siyam ini memang meninggal dunia di usia 85 tahun. Kendati demikian, kepergiannya mengejutkan publik lantaran sosok simbah putri asal Klaten ini masih aktif menjadi artis dalam video edukasi garapan influenzer Ucup Klaten di usia senjanya.

Banyak orang berduka, termasuk pimpinan Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Secara khusus, Gubernur Jawa Tengah itu menuliskan ungkapan dukanya di Twitter.

"Ya Allah. Innalillahi wa Innalillahi raji'un. Sugeng kondur Mbah Minto. Saestu, panjenengan tiyang sae. husnul khotimah nggih mbah," tulis Ganjar dengan menambahkan foto surat Lelayu.

Baca juga: Mbah Minto Partner Ucup Klaten, Meninggal Dunia

Dalam tweet itu, Ganjar mengucapkan selamat jalan untuk Mbah Minto. Ia juga mengakui bahwa Mbah Minto orang baik sehingga dia berharap simbah putri itu husnul khotimah.

Tidak hanya Ganjar, Warganet juga ikut membanjiri komentar di Twitter pagi ini. Ada yang berterima kasih atas jasa Mbah Minto yang sudah setia menghibur melalui lakonnya di beberapa video.

"Sugeng Tindak Mbah Minto. Matursuwun sampun menghibur," tulis @chintamaria28.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un... Sugeng Tindak Mbah Minto Folded hands Semoga almarhumah Husnul Khatimah & Keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, ketabahan, keikhlasan dan kekuatan iman, Aamiin Aamiin Aamiin Ya Rabbal'alamin," tulis @arasmeilin.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun, semoga husnul khatimah, dimudahkan urusan quburnya, dan ditambah nikmat quburnya, diterima amal baiknya dan diampuni dosa dosanya," timpal @msajir.

Mbah Minto tutup usia pada Rabu malam pukul 21.00 WIB di Rumah SakitIslam Klaten. Jenazah akan dimakamkan siang ini pukul 14.00 WIB.