Ikonser Cari Pemusik dan Pendokumentasi dalam Musik Tanpa Batas

Ikonser Cari Pemusik dan Pendokumentasi dalam Musik Tanpa BatasMusik Tanpa Batas Road to Ikonser Fest dilangsungkan mulai Rabu (5/1 - 2022).
05 Januari 2022 21:17 WIB Galih Eko Kurniawan Hiburan Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Ikonser menginisiasi pencarian bakat di dunia musik dan pendokumentasian skena musik dengan pendekatan dokumenter dari wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Acara yang dikemas dalam tajuk Musik Tanpa Batas Road to Ikonser Fest membuka kesempatan para pemusik di DIY dan Jateng mengirimkan karya mereka mulai Rabu (5/1/2022) dan berakhir sebelum Ikonser Fest berlangsung pada 26 Maret 2022.

CEO Ikonser Channel Ahmad Sobirin memaparkan para pemusik itu akan diseleksi dalam berbagai tahap. Untuk tahap pertama akan dicari 20 pemusik ataupun grup musik untuk ditayangkan di saluran Ikonser Useetv.

Dari tayangan itu akan diseleksi 10 pemusik ataupun grup musik untuk maju ke grand final. Di grand final atau tahap keempat, 10 pemusik ataupun grup musik akan tampil langsung guna mencari empat pemenang berdasarkan penilaian juri.

Untuk tahap kelima, pemenang utama mendapat uang tunai dan bisa tampil di Prambanan Jazz 2022 atau Jogjarockarta 2022. Selain itu, bersama tiga pemenang lainnya akan tampil di Ikonser Fest pada 26 Maret 2022.

"Ikonser berada pada posisi sebagai media yang jadi sarana para pemusik solo maupun grup menampilkan karya mereka. Banyak musikus-musikus baru yang berbakat tetapi kurang memiliki ajang untuk menampilkan diri," tutur Asob, sapaan akrab Ahmad Sobirin, dalam jumpa pers virtual, Rabu.

Program Kreatif Musik Tanpa Batas Agus SH menambahkan festival musik itu nantinya digabungkan dengan agenda Rekam Skena yang jadi wadah untuk mereka yang memiliki minat belajar membuat dokumenter musik di kotanya sendiri.

“Rekam Skena diharapkan jadi sarana para pegiat musik yang memiliki minat pada pendokumentasian musik, yang nantinya dapat turut berkontribusi pada aktivasi pengarsipan pergerakan musik Indonesia yang saat ini masih minim,” ujarnya.

Nantinya, para pendaftar mengirim ide karya mereka sebelum diseleksi juri untuk mempresentasikan ide dan konsep. Setelah lolos, para peserta akan didampingi selama proses produksi sampai menjadi video cuplikan.

Selanjutnya, peserta diberi sesi diskusi secar tatap muka bersama para juri dan fasilitator. Nantinya diambil tiga pemenang yang berhak menerima hadiah penghargaan dan karya ditayangkan daring pada program Ikonser dan luring saat Ikonser Fest 2022.