Advertisement

Booming Spirit Doll, Ini Bedanya dengan Jelangkung dan Jenglot..

Newswire
Kamis, 06 Januari 2022 - 12:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Booming Spirit Doll, Ini Bedanya dengan Jelangkung dan Jenglot.. Ilustrasi Jelangkung - Youtube via Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Boneka arwah atau spirit doll menjadi fenomena viral belakangan ini. Hal itu cukup menyita perhatian banyak orang.

Fenomena spirit doll ini pun menjadi area abu-abu di kalangan bidang ilmu kedokteran jiwa. Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, dr Santi Yuliani, SpKJ, MSc, mengatakan fenomena boneka arwah memang sudah ada sejak zaman dahulu. Menurutnya seperti jelangkung atau boneka lain yang kemudian dimasuki arwah, menurutnya fenomena ini berkaitan dengan suatu kepercayaan.

Advertisement

Lantas, apakah ada perbedaan antara boneka arwah atau spirit doll dengan boneka jelangkung?

Furi Harun, salah satu pengoleksi boneka arwah, mengatakan ada perbedaan antara boneka arwah, jelangkung, dan jenglot. So, apa perbedaan boneka arwah, jelangkung, dan jenglot menurut Furi Harun?

Jenglot

"Jenglot itu bentuknya seperti mumi yang memiliki gigi taring, bentuknya pun agak meruncing, seolah-olah dibentuk seperti mumi yang menakutkan dari makhluk hidup," kata Furi Harun.

Tapi, ada beberapa jenglot, sambung Furi Harun, yang merupakan buatan manusia lalu diritualkan. "Ada beberapa yang dikasih sesajen seperti darah dan diisi makhluk halus," tambahnya. Jenglot biasanya punya tujuan tersendiri. "Bertujuan tertentu sesuai dengan keinginan pemilik jenglotnya," terang Furi Harun.

Jelangkung

Beda dengan jenglot, Jelangkung menurut Furi Harun lebih kepada media. Maksudnya, ketika seseorang tidak bisa melihat makhluk halus, maka jelangkung dipakai sebagai medium agar si manusia tahu ada atau tidaknya keberadaan makhluk halus. "Jelangkung ini sama dengan Ouija yang terkenal di luar negeri. Jadi, fungsinya sebagai medium, menunjukkan bahwa hantu tersebut sudah datang atau belum," paparnya.

Boneka Arwah

Nah, kalau boneka arwah atau spirit doll, kata Furi, ini merupakan anak-anak asuh yang mayoritas diisi arwah yang masih memiliki 'ganjelan'. Ya, mereka belum bisa ber-inkarnasi atau kembali ke Tuhan.

"Karena itu, mereka diasuh oleh beberapa orang, diperlakukan dan disayangi selayaknya anak asuh dengan penuh kasih sayang, tetapi tidak lupa untuk didoakan," kata ungkap.

Mengapa perlu didoakan? "Tujuannya supaya mereka bisa segera rest in peace atau yang Buddha reinkarnasi dan terlahir kembali," jawabnya. Furi Harun menambahkan, jadi selama di dalam boneka, mereka itu harus berbuat baik sehingga punya karma baik. "Yang pada akhirnya membantu mereka ber-reinkarnasi lagi," terangnya.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul "Ramai Fenomena Spirit Doll, Apa Bedanya dengan Jelangkung dan Jenglot?".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik Kamis 25 April 2024, Giliran Sleman, Kota Jogja dan Kulonprogo

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement