Advertisement

Daftar Artis Pemilik Klub Sepak Bola, Ada Raffi Ahmad Hingga Prilly Latuconsina

Akbar Evandio
Senin, 31 Januari 2022 - 23:57 WIB
Bhekti Suryani
Daftar Artis Pemilik Klub Sepak Bola, Ada Raffi Ahmad Hingga Prilly Latuconsina Raffi Ahmad - instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTASepak bola saat ini tidak terbatas sebagai olahraga yang digemari oleh masyarakat. Bahkan, di balik kesenangan yang dirasakan para penggemar olahraga ini kini menjadi lahan bisnis yang menggiurkan.

Buktinya, para artis mulai berbondong-bondong melakoni tren bisnis dengan memiliki klub sepak bola sebagai salah satu investasi usaha mereka. Tidak hanya memiliki saham, tetapi mereka turut mengelola manajemen klub tersebut.

BACA JUGA:Datang ke Jogja, Warga Jakarta Positif Omicron

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Bisnis merangkum hingga saat ini terdapat enam artis Tanah Air yang telah terjun menjadi pemilik klub sepak bola di Indonesia. Berikut adalah deretan artis pemilik klub sepak bola di Indonesia:

1. Raffi Ahmad

Nama Raffi Ahmad menjadi salah satu pionir seorang artis memiliki klub sepak bola, di mana dengan menaungi label RANS, suami Nagita Slavina tersebut mengakuisisi klub sepak bola Cilegon yang saat ini berganti nama menjadi RANS Cilegon FC.

Tidak berjuang sendirian, pria kelahiran 17 Februari 1987 ini mengakuisisi klub sepak bola tersebut bersama dengan pengusaha Rudi Salim.

Bahkan, saat hadir sebagai bintang tamu di kanal YouTube Vega Darwanti TV, Raffi Ahmad mengungkapkan uang yang harus dikucurkan untuk RANS Cilegon FC dalam jangka waktu satu tahun, yaitu sekitar Rp20 Miliar.

“Kan ada dua nih, ada biaya akuisisi, misalnya liga satu, ada liga dua. Terus, ada biaya opex (operasional) setahunnya. [Biaya opex itu] ada bayar gaji pemain, gaji pengurus, untuk lapangan, perawatan dan lain-lain. Pokoknya mobilitas opex itu setiap tahun kira-kira kirasan Rp 20 miliar, hampir, itu setahun," kata Raffi Ahmad, dikutip dari kanal YouTube Vega Darwanti TV, Senin (31/1/2022).

2. Atta Halilintar

Konten kreator dan Youtuber Atta Halilintar bersama Putra Siregar pun merambah bisnis di dunia olahraga setelah resmi mengumumkan akuisisi klub sepak bola liga 2 Indonesia PSG Pati. Mereka kemudian mengubah namanya menjadi AHHA PS Pati FC.

Advertisement

Salah satu tugas dari, Suami Aurel Hermansyah ini adalah menggunakan keahliannya di dunia konten kreator digital memajukan AHHA PS Pati FC.

3. Gilang Widya Pramana

Gilang Widya Pramana atau dikenal Juragan 99 saat ini tengah menjadi Presiden Arema FC. Jajaran direksi klub sepakbola berjuluk Singo Edan ini mengambil keputusan mengejutkan saat menunjuk Gilang Widya Pramana sebagai Presiden Arema FC untuk tiga tahun ke depan.

Penunjukkan Gilang sebagai Presiden klub tak lepas dari statusnya yang kini menjadi ikon kota Malang berkat kisah hidupnya dan gurita bisnis yang dirinya miliki sehingga menjadi Crazy Rich di kota apel tersebut.

Advertisement

4. Gading Marten

Gading Marten tak mau ketinggalan terjun ke dunia olahraga yang disukainya. dirinya mengakuisisi klub Persikota Tangerang. Putra Roy Marten diketahui resmi mengakuisisi klub Persikota Tangerang setelah mengunggah postingan foto di Instagram klub Persikota Tangerang. Dalam foto mantan suami Gisella Anastasia itu terlihat bersama dengan beberapa pengurus sepak bola.

5. Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep diketahui membeli 40 persen saham PT Persis Solo Saestu, perusahaan yang mengelola klub sepakbola Persis Solo yang berbasis di Solo, Jawa Tengah, kampung halaman Kaesang. Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini melalui pembelian 40 persen saham perusahaan itu akhirnya duduk di jajaran pemegang saham Persis Solo bersama Menteri BUMN Erick Thohir yang membeli 20 persen saham dan Kevin Nugroho yang memiliki 30 persen saham. Sementara itu, 10 persen saham lainnya masih dimiliki pendiri PT PSS dan 26 tim internal.

Menurut catatan Bisnis, alasan Kaesang tertarik menekuni bisnis di dunia olahraga tersebut lantaran ingin membawa Persis Solo ke Liga 1. Saat ini, klub yang berusia hampir 100 tahun ini, berada di Liga 2. Persis Solo bukan klub sepakbola yang menjadi langganan juara di Liga Indonesia.

6. Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina bagikan kabar bahwa dirinya kini menjadi salah satu pemilik dari klub sepak bola. Dia menambah daftar panjang artis yang punya klub bola setelah Raffi Ahmad dan Atta Halilintar. Melalui unggahan di Instagram @prillylatuconsina96, Prilly mengumumkan resmi menjadi pemilik Persikota Tangerang dengan tagline 'perempuan juga bisa', yang mengartikan semangat dirinya mengembangkan sepakbola Indonesia. "Perempuan juga bisa! Akhirnya bisa resmi mengumumkan kalau sekarang aku bergabung di Persikota Tangerang sebagai pemilik," tulisnya, dikutip melalui akun instagram @prillylatuconsina96, Senin (31/1/2022).

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah Dilantik, Ini Harapan Bupati Gunungkidul

Gunungkidul
| Rabu, 05 Oktober 2022, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Film Horor dan Zombie ala Korea, Bisa Ditonton di Netflix

Hiburan
| Selasa, 04 Oktober 2022, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement