Advertisement

Ini Isi Lengkap Ceramah Oki Setiana Dewi yang Disebut Melanggengkan KDRT

Newswire
Kamis, 03 Februari 2022 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini Isi Lengkap Ceramah Oki Setiana Dewi yang Disebut Melanggengkan KDRT Oki Setiana Dewi. - Ist/Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Artis sekaligus ustadzah Oki Setiana Dewi karena tengah dikritik dan disorot banyak kalangan karena isi ceramahnya yang bertentangan dengan semangat memberantas KDRT.

Isi ceramah Oki Setiana Dewi tengah menjadi sorotan publik karena dianggap menormalisasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Kata kunci KDRT viral di jagad Twitter pada Kamis (3/2/2022) setelah warganet menyebut pendakwah Oki Setina Dewi menormalisasi KDRT melalui ceramahnya.

Dalam video yang diunggah di akun TikTok @okisetianadewi13 itu, dia menceritakan sebuah kisah yang menurutnya berdasarkan kisah nyata dari Jeddah, Arab Saudi. Diceritakannya, ada sepasang suami istri yang sedang bertengkar hebat.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Sang suami yang tengah marah besar akhirnya menampar wajah sang istri. Sang Istri yang tengah menangis karena tamparan itu, kemudian mendengar bel rumahnya berbunyi. Dengan mata sembab, dia membuka pintu dan menemukan bahwa ibunyalah yang datang ke rumahnya.

BACA JUGA:5 Desa Wisata di Lereng Merapi, Adem, Mainannya Edukatif

Melihat ibu mertuanya yang datang, kata Oki, suami ini khawatir jika istrinya akan mengadukan perbuatannya barusan. Sang ibu pun bertanya kepada anaknya mengapa menangis dan matanya sembab.

Sang anak kemudian menjawab bahwa dia menangis karena terharu saat berdoa karena rindu kepada ayah dan ibunya. Namun, dia bahagia karena ternyata doa itu langsung dikabulkan Allah.

Melihat itu, kata Oki, sang suami luluh karena sang istri tidak mengadukan pebuatannya kepada ibunya. "Jadi nggak perlulah cerita-cerita yang sekiranya menjelekkan pasangan kita sendiri," kata Oki dalam ceramahnya.

Kisah itu pun menuai pro dan kontra dari warganet. Sebagian di antaranya menilai Oki menganggap normal atas KDRT di rumah tangga. Salah satu akun Twitter yang memprotes isi ceramah Oki adalah akun Komunitas Santri Gus Nadirsyah Hosen atau Khazanah GNH @na_dirs.

Advertisement

"Kasih tahu sama sang ustadzah, kalau suami mukul istri itu sebenarnya bukan aib yg harus ditutupi oleh istri. Itu KDRT. Harus lapor polisi. Cerita2 begini justru membuat istri dipaksa menerima kelakuan suaminya yg brengsek atas nama jaga aib suami. Istrimu bukan sasak tinju woy!" cuitnya, Rabu (2/2/2022).

Di sisi lain, ada warganet yang membela Oki karena menilai cerita yang disampaikannya bisa diambil pesan moralnya. "Ambil hal positif dri cerita tersebut, itu salah satu cara sang istri mencari ridha allah, dengan bersabar, manjaga keharmonisan keluarga, karna saya yakin istri yg sholeha memiliki suami yg soleh pula, jadi sang istri mungkin percaya klo sang suami hanya khilaf," cuit akun @titoapriel.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Panwascam di Jogja Kurang Diminati Perempuan

Jogja
| Senin, 26 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Dari Wonosari, The Melting Minds Bersenang-senang di Jogjarockarta

Hiburan
| Senin, 26 September 2022, 16:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement