Advertisement

Marah! Presiden Brasil ke Leonardo DiCaprio: Tutup Mulut!

Newswire
Sabtu, 07 Mei 2022 - 12:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Marah! Presiden Brasil ke Leonardo DiCaprio: Tutup Mulut! Leonardo DiCaprio. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Aktor Leonardo DiCaprio tiba-tiba dikabarkan berseteru dengan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. Bahkan, DiCaprio sampai membuat Presiden Bolsonaro naik pitam.

Pemeran Jack Dawson dalam film Titanic tersebut dianggap mengusik pemerintahan Brasil, setelah beberapa waktu lalu ia berkomentar mengenai pentingnya menjaga hutan Amazon di akun Twitternya.

Advertisement

Di Twitter, DiCaprio menyerukan agar publik peduli dengan hutan Amazon. Menurut dia, Brasil adalah rumah bagi Amazon dan ekosistem kritis lainnya dalam hal pencegahan perubahan iklim.

"Apa yang terjadi di sana adalah masalah bagi kita semua, dan pemungutan suara kaum muda adalah kunci dalam mendorong perubahan untuk planet yang sehat," tulis Dicaprio di Twitter seperti dikutip Suara.com, Sabtu (7/5/2022).

Tak disangka, cuitan tersebut dibalas oleh Presiden Bolsonaro, sehari kemudian. Melalui Twitter, Bolsonaro menjawab cuitan DiCaprio dengan nada yang santun.

Baca juga: Putin Minta Maaf atas Pernyataan Adolf Hitler Keturunan Yahudi

"Terima kasih atas dukungan Anda, Leo. Itu sungguh penting bagi setiap pemilih Brasil dalam Pemilu mendatang," tulis Bolsonaro.

Namun pada Selasa (4/5/2022), Bolsonaro kembali merespons cuitan DiCaprio ketika menyapa pendukungnya di Istana Alvorada, kantor kepresidenan Brasil.

Pada kesempatan itu, Bolsonaro menjawab cuitan DiCaprio dengan pernyataan yang cukup keras. Ia bahkan terkesan mendamprat aktor pemenang Oscar tersebut.

Advertisement

"Sekarang, DiCaprio harus tahu, bahkan presiden Organisasi Perdagangan Dunia [WTO] mengatakan tanpa agribisnis Brasil, dunia akan kelaparan," kata Bolsonaro.

Ia kemudian berkata, "Jadi, DiCaprio lebih baik tutup mulut daripada membual."

Tak heran Bolsonaro terlihat gusar dengan cuitan DiCaprio soal hutan Amazon. Sebab dalam beberapa waktu terakhir, kebijakan Bolsonaro menjadi sorotan dalam pemilu Brasil kali ini.

Selama menjabat sebagai presiden di periode pertama, sejumlah kebijakan Bolsonaro dianggap melemahkan perlindungan lingkungan hidup untuk kepentingan bisnis.

Karena itu pula, sekelompok pengacara yang peduli dengan isu-siu iklim dan lingkungan, mendesak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) menyelidiki Bolsonaso atas ejumlah kebijakannya yang berdampak pada Amazon.

Mereka menilai, tindakan yang diambil Bolsonaro merupakan “kejahatan terhadap kemanusiaan”

Sementara itu, sebuat laporan yang dikeluarkan Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa Brasil (INPE) menyebut, dalam tiga bulan pertama di 2022, hutan hujan Amazon mengalami deforestasi yang mencapai tingkat paling tinggi.

Menurut INPE, sejak Januari hingga Maret 2022, 941,34 kilometer persegi hutan Amazon hancur. Angka tersebut merupakan rekor tertinggi selama INPE memantau deforestasi Amazon sejak 2016.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mau ke Solo dari Stasiun Maguwo? Cek Jadwal KRL Hari Ini

Jogja
| Rabu, 25 Mei 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Westlife Konser di Jakarta Februari 2023, Tiket Dijual Sabtu Besok

Hiburan
| Rabu, 25 Mei 2022, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement