Advertisement

Ada Pasar Balkon, Nonton Balkonjazz 2022 Tak Usah Takut Kelaparan

Galih Eko Kurniawan
Sabtu, 14 Mei 2022 - 00:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Ada Pasar Balkon, Nonton Balkonjazz 2022 Tak Usah Takut Kelaparan Lokasi panggung Balkonjazz Festival 2022 di Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang. - Harian Jogja - Galih Eko Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Para calon penonton Balkonjazz Festival 2022 tak usah takut kelaparan karena festival musik ini menyuguhkan Pasar Balkon yang aneka kuliner baik makanan berat ataupun makanan ringan serta aneka minuman olahan dari warga sekitar.

Akan dihelat di Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/5/2022) mulai siang hari, Balkonjazz 2022 menyuguhkan sejumlah pemusik berkualitas, seperti Pamungkas, Dere, Adhitia Sofyan serta Kahitna.

Advertisement

Meski absen pada 2020 dan 2021, Balkonjazz edisi tahun ini tidak meninggalkan identitasnya untuk ikut menggerakkan perekonomian lokal berupa Pasar Balkon. Pada edisi pertama 2019, Pasar Balkon mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar Borobudur.

“Untuk tahun ini, ada warga yang terlibat sebagai ojek motor yang bisa disewa calon penonton, ada lahan-lahan warga yang dijadikan tempat parkir serta tentu saja ada Pasar Balkon yang menyuguhkan beragam menu kuliner,” ungkap pendiri Balkonjazz Festival, Bakkar Wibowo, Jumat (13/5/2022).

Dalam sejarahnya, Pasar Balkon dikonsep sebagai ruang memperkenalkan sekaligus memasarkan produk lokal para pegiat usaha mikro kecil menengah di sekitar Candi Borobudur. Pada 2019, keberadaannya menunjukkan tren positif karena hampir semua produk yang ditawarkan habis terjual pada hari pelaksanaan Balkonjazz 2019.

"Jadi para penonton tak usah takut kelaparan. Mereka yang ingin makan ataupun minum bisa keluar dulu dari area festival untuk berburu menu kuliner di Pasar Balkon. Setelah kenyang, silakan masuk lagi untuk menonton pertunjukan musik," papar Bakkar.

Kepala Desa Karangrejo, M Heli Rofikun, mengungkapkan Balkonjazz Festival 2022 yang digelar di Balkondes PGN Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah jadi berkah tersendiri bagi warga sekitar, terutama mereka pemilik homestay, para pengemudi ojek serta pemilik lahan parkir.

Pemilik lahan parkir dapat rezeki dari konsep pelaksanaan Balkonjazz yang mengarahkan kendaraan untuk parkir di dua dusun yang berdekatan dengan Balkondes, yakni Dusun Bumen Jelapan dan Kretek 1.

"Dengan jarak sekitar 200 hingga 500 meter dari tempat parkir ke lokasi acara, calon penonton sudah disiapkan 70 unit ojek dari warga Desa Karangrejo,” ungkapnya.

Tidak hanya ojek dan tempat parkir, Balkonjazz 2022 ini juga membuat homestay di Balkondes dan homestay yang dikelola warga penuh. Saat ini, Homestay Balkondes PGN Karangrejo sebanyak 20 kamar semua penuh dan ratusan homestay warga sekitar ramai dipesan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mau ke Solo dari Stasiun Maguwo? Cek Jadwal KRL Hari Ini

Jogja
| Rabu, 25 Mei 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Westlife Konser di Jakarta Februari 2023, Tiket Dijual Sabtu Besok

Hiburan
| Rabu, 25 Mei 2022, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement