Advertisement

Setahun Trauma, Zaskia Mecca Ungkap Pengalaman Hanyut di Sungai

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 28 Mei 2022 - 18:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Setahun Trauma, Zaskia Mecca Ungkap Pengalaman Hanyut di Sungai Artis Zaskia Adya Mecca bermain air di Gua Kebon Kulonprogo. - Instagram @zaskiadyamecca

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kabar tenggelamnya putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, sontak mengingatkan artis Zaskia Adya Mecca pada sebuah tragedi serupa yang menimpanya.

Dalam laman Instagram pribadinya @zaskiadyamecca, ia menceritakan bagaimana detik-detik ia dan teman-temannya hanyut terbawa arus saat bermain di sebuah curug di Sentul.

Advertisement

Mendengar berita hilangnya Eril yang tenggelam di Sungai Aaree di Swis, istri sutradara kondang Hanung Bramantyo ini seperti membuka luka yang hampir satu tahun terlewati.

Tepatnya 2 Juni 2021, ia dan empat temannya tracking ke satu curug daerah Sentul. Saat di jalan pulang, mereka hampir hanyut terbawa arus.

Baca juga: Ini Profil Anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn yang Hilang di Sungai Bern Swiss

Sejatinya ia berniat menutup lembaran kelam itu. Namun mendengar tragedi anak Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat itu, Zaskia justru ingin menceritakannya agar meningkatkan kesadaran akan bahaya arus sungai.

Berikut ini kisah Zaskia Adya Mecca yang ia ceritakan di Instagram:

Sore itu kami setelah main sebentar di curug, menuju ke mobil dan mau menyebrangi sungai dengan air semata kaki.. mendadak air datang dengan arus deras.. 3 dari kami berhasil kepinggir walau udah kebalik2, sayangnya dua terjebak. satu ditengah,satunya lagi udah kebawa arus alhamdulillah ketangkep tangan&berhasil ketahan di batu besar.

Advertisement

Banyak orang lewat tapi ga ada yang berani bantu satupun.. krn ga da alat proper dan arus deras, air makin lama makin tinggi, sungai makin meluap, satu yang ditengah udah ampir nyerah lepasin pegangan krn dia hanya berpegang ke satu batu ditengah sungai, air udah sedada..

Dikepala ku “kami akan pulang ga lengkap!”  akhirnya Warga lokal sampai 6orang setelah 30menit kejadian krn posisi mereka jauh dari lokasi, dengan tambang seadanya.. setelah 45menit yang ditengah berhasil ditolong walau si bapak penolong juga hampir pingsan mengikatkan badannya dengan tali tambang plastik tipis menerjang arus sungai.. bukan, bukan tim sar???? tanpa keahlian juga, si bapak mempertaruhkan dirinya untuk menolong kami.

Advertisement

Yang terjebak dibatu kami kumpulkan banyak bambu untuk bikin jembatan..

Alhamdulillah semua selamat 5menit sebelum gelap".

Atas peristiwa itu, ibu enak anak ini mengaku trauma bahkan ia sampai berkonsultasi ke psikolog. "Trauma, shock, ke psikolog dan banyak yang kami lakukan untuk healing saat itu," tutur perempuan yang tinggal di Jogja ini.

Menurutnya kondisi psikologisnya saat ini belum pulih dan tidak akan pernah pulih 100%, "Satu yang akan aku jadikan pelajaran.. buat mengingatkan semua akan BAHAYA arus sungai yang sangat tidak terduga. Hati2 bermain dengan sungai,kami sudah waspada pun bisa terancam," tuturnya.

Advertisement

Dalam akhir postingannya, ia berharal Erip bisa ditemukan dalam kondisi selamat.

"kang @ridwankamil , teteh @ataliapr & keluarga dikuatkan hatinya.. ini saat sulit dan ga mudah untuk mereka????Jangan lupa diselipkan doa untuk kang emil sekeluarga sekarang yah," tulis Zaskia Mecca.

Banyak yang memberi komentar atas postingan itu. Beberapa berterima kasih atas pengalaman yang dibagikan Zaskia.

Advertisement

"semoga Eril di temukan dengan keadaan sehat walafiat ???????? kadang suka heran sama org yg komen makanya... Lagian... Ya Allah namanya musibah kita mana tau sih, bukanya berempati malah nyinyir.. Terimakasih kak sudah membagikan pengalaman kk yg sangat " Bisa di jadikan pelajaran buat kami semua," tulis salah satu warganet.

"Ya allah biaa Alhamdulillah selamat, terimakasih kepada bapak bapak yg menolong kalian semua semoga sehat selalu di mudhkan rezekinya dan selalu ada di lindungan Allah begitupun kita semua ," lanjut yang lain.

Rekan sesama artis seperti Mona Ratuliu juga turut mengisi kolom komentar. Ia menanggapi kejadian hilangnya sang anak Gubernur Jawa Barat.

"Aduuuuh nggak kebayaaaang. Peluuuuk! Semoga kang emil dan keluarga diberi ketabahan hati. Ditunggu kabar baik dr eril," tulisnya.

Advertisement

Untuk diketahui, putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang bernama Emmeril Khan Mumtadz hilang terseret arus Sungai Aaree di Swis, Kamis (26/5/2022).

Adapun kronologi hilangnya Eril, bermula saat dia dan keluarganya berada di Swiss untuk mencari sekolah untuk melanjutkan ke jenjang S2.

Saat kejadian, Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

"Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana," ungkap keterangan dari pihak keluarga, Jumat (27/5/2022).

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Kembalikan Memori dari Sebuah Topi

Jogja
| Minggu, 26 Juni 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Sinopsis A Star Is Born, Film Lady Gaga Tayang di Trans TV Malam Ini

Hiburan
| Minggu, 26 Juni 2022, 08:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement