Advertisement

Ini Virus Penyebab Separuh Wajah Justin Bieber Lumpuh

Nancy Junita
Sabtu, 11 Juni 2022 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Ini Virus Penyebab Separuh Wajah Justin Bieber Lumpuh Virus Varicella-Zoster penyebab Ramsay Hunt Syndrome yang bikin separuh wajah Justin Bieber lumpuh. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @justinbieber

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyanyi pop Justin Bieber mengungkapkan dirinya mengidap Ramsay Hunt syndrome yang menyebabkan separuh wajahnya lumpuh. Beberapa konser yang akan dilakukan Justin pun terancam batal karena kondisinya.

Lalu, apakah yang menyebabkan Ramsey Hunt Syndrome?

Advertisement

Dikutip dari laman mountsinai.org, Sabtu (11/6/2022),  Sindrom Ramsay Hunt atay Ramsay Hunt Syndrome adalah ruam yang menyakitkan di sekitar telinga, wajah, atau di mulut.

BACA JUGA: Idap Sindrom Ramsay Hunt, Justin Bieber Hentikan Rangkaian Tournya

Hal ini disebabkan Virus Varicella-Zoster yang menginfeksi saraf di kepala. Virus Varicella-Zoster yang menyebabkan sindrom Ramsay Hunt adalah virus yang sama yang menyebabkan cacar air dan herpes zoster.

Pada orang dengan sindrom ini, virus diyakini menginfeksi saraf wajah di dekat telinga bagian dalam. Hal ini menyebabkan iritasi dan pembengkakan saraf.

Kondisi ini terutama mempengaruhi orang dewasa. Dalam kasus yang jarang terjadi, terlihat pada anak-anak.

Gejala

-Sakit parah di telinga

Ruam yang menyakitkan pada gendang telinga, saluran telinga, daun telinga, lidah, dan langit-langit mulut di sisi saraf yang terkena.

-Gangguan pendengaran di satu sisi

-Sensasi benda berputar (vertigo)

Kelemahan pada satu sisi wajah yang menyebabkan kesulitan menutup satu mata, makan (makanan jatuh dari sudut lemah mulut), membuat ekspresi, dan membuat gerakan halus pada wajah, serta wajah terkulai dan kelumpuhan pada satu sisi muka

Tes

Penyedia layanan kesehatan biasanya akan mendiagnosis Sindrom Ramsay Hunt dengan mencari tanda-tanda kelemahan pada wajah dan ruam seperti lepuh.

Tes yang dilakukan antara lain: tes darah untuk virus varicella-zoster. elektromiografi (EMG), fungsi lumbal (dalam kasus yang jarang terjadi), MRI kepala, konduksi saraf (untuk menentukan jumlah kerusakan pada saraf wajah), tes kulit untuk virus varicella-zoster

Pengobatan

Obat antiinflamasi kuat yang disebut steroid (seperti prednison) biasanya diberikan. Obat antivirus, seperti asiklovir atau valasiklovir dapat diberikan.

Terkadang obat penghilang rasa sakit yang kuat juga diperlukan jika rasa sakit berlanjut bahkan dengan steroid.

Saat Anda memiliki kelemahan pada wajah, kenakan penutup mata untuk mencegah cedera pada kornea (abrasi kornea) dan kerusakan lain pada mata jika mata tidak menutup sepenuhnya.

Beberapa orang mungkin menggunakan pelumas mata khusus di malam hari dan air mata buatan di siang hari untuk mencegah mata mengering.

Jika mengalami pusing, tenaga medis dapat menyarankan obat lain.

Kemungkinan Komplikasi

Komplikasi sindrom Ramsay Hunt mungkin termasuk:

-Perubahan penampilan wajah (cacat) dari hilangnya gerakan

-Perubahan rasa

-Kerusakan pada mata (ulkus kornea dan infeksi), mengakibatkan hilangnya penglihatan

-Saraf yang tumbuh kembali ke struktur yang salah dan menyebabkan reaksi abnormal terhadap suatu gerakan -- misalnya, tersenyum menyebabkan mata tertutup

-Nyeri persisten (neuralgia postherpetik)

-Kejang otot wajah atau kelopak mata

- Kadang-kadang, virus dapat menyebar ke saraf lain, atau bahkan ke otak dan sumsum tulang belakang.

Hal ini dapat menyebabkan: kebingungan, mengantuk sakit kepala, kelemahan anggota badan, nyeri saraf. Jika gejala-gejala ini terjadi, rawat inap di rumah sakit mungkin diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement