Advertisement

Kontes Musik Eurovision Berpotensi Pindah dari Ukraina ke Inggris

Newswire
Senin, 20 Juni 2022 - 02:37 WIB
Sirojul Khafid
Kontes Musik Eurovision Berpotensi Pindah dari Ukraina ke Inggris Kontes musik Euorvision - Instagram Euorvision

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kontes musik Eurovision berpotensi besar diadakan di Inggris pada 2023. Hal ini setelah penyelenggara menilai terlalu berisiko untuk menyelenggarakan acara di Ukraina, khususnya saat konflik masih berlangsung.

Dalam beberapa dekade ini, sudah menjadi tradisi bahwa negara pemenang harusnya menjadi tuan rumah untuk kontes di tahun berikutnya. Peserta dari Ukraina merupakan pemenang pada kontes tahun 2022. Namun penyelenggara mengatakan dibutuhkan jaminan keamanan untuk kompetisi dihelat.

Oleh karena itu penyelenggara memutuskan Eurovision 2023 akan diadakan di negara pemenang kedua yaitu Inggris. Pihak Ukraina dikabarkan tidak menyukai usulan tersebut dan menyatakan kecewa.

BACA JUGA: Serial Pretty Little Liars: Original Sin Resmi Tayang Juli, Ini Sinopsisnya

Menteri Kebudayaan Ukraina, Oleksandr Tkachenko, menginginkan lebih banyak negosiasi dengan keyakinan mereka bisa mengakomodir semua komitmen yang dijanjikan.

Adapun perwakilan Inggris di konten Eurovision 2022 adalah Sam Ryder yang menghadirkan "SPACE MAN" dan menempati urutan kedua dengan selisih hasil yang tipis dengan pemenang pertama Kalush Orchestra dari Ukraina.

Penyelenggara European Broadcasting Union (EBU) mengatakan sedang berdiskusi dengan penyiar Inggris BBC untuk menjadi tuan rumah acara berikutnya. Hal itu mengingat acara ini biasanya menarik penonton hingga 200 juta lewat televisi.

"EBU ... berbagi kesedihan dan kekecewaan mereka bahwa kontes tahun depan tidak dapat diadakan di Ukraina," kata Penyelenggara Kontes Lagu Eurovision, dikutib dari Reuters, Minggu (19/6/2022).

BACA JUGA: Akhirnya Rilis Juga, Cek Album Baru Snoop Dogg, Death Row Summer 2022

Lebih lanjut mereka mengatakan, "Ini adalah niat penuh kami bahwa kemenangan Ukraina akan tercermin dalam pertunjukan tahun depan."

Advertisement

Mereka pun menjanjikan budaya hingga kreativitas terkait Ukraina akan ditunjukkan dalam Eurovision 2023.

Terakhir kali Inggris menjadi tuan rumah kompetisi tahunan itu adalah pada 1998 ketika diadakan di Birmingham setelah band rock Inggris Katrina dan lagu Love Shine a Light memenangkan tahun sebelumnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Hari Minggu, Ini Update Stok Darah di DIY

Jogja
| Minggu, 14 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Sinopsis Laal Singh Chadha, Duet Akting Aamir Khan dan Kareena Kapoor 

Hiburan
| Minggu, 14 Agustus 2022, 16:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement