Advertisement

Tahukah Kamu? Ini Film Pertama yang Mengangkat Cerita Indonesia

Sirojul Khafid
Jum'at, 24 Juni 2022 - 06:37 WIB
Sirojul Khafid
Tahukah Kamu? Ini Film Pertama yang Mengangkat Cerita Indonesia Loetoeng Kasaroeng - Pusbang Film

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selalu ada yang pertama dalam setiap sesuatu, termasuk dalam dunia perfilman Indonesia. Kita melihat dunia film di Indonesia saat ini semakin berkembang dengan berbagai jenis cerita. Film antre untuk tayang di bioskop. Bahkan beberapa film sampai mendapatkan jutaan penonton.

Kondisi saat ini kemungkinan hasil dari perjalanan panjang. Seperti juga tonggak awal produksi film di Indonesia. Tahukah kamu film pertama yang mengangkat cerita yang ada di Indonesia?

Advertisement

Film itu adalah Loetoeng Kasaroeng. Meski secara produksi masih melibatkan orang asing, Loetoeng Kasaroeng yang rilis tahun 1926 menjadi film pertama dengan cerita dari Indonesia. Film ini merupakan adaptasi legenda yang terkenal dari Jawa Barat.

BACA JUGA: Thor: Love and Thunder jadi Proyek Terakhir Chris Hemsworth di MCU?

Salah satunya, film ini memuat beberapa pesan seperti janganlah memandang sesuatu dari kulitnya saja. Purbasari diejek karena punya pacar seekor lutung (Guru Minda), sedangkan kakaknya Purbararang membanggakan kekasihnya, Indrajaya yang manusia. Ternyata lutung itu sebetulnya adalah seorang pangeran tampan, titisan dewi Sunan Ambu. Guru Minda jauh lebih tampan dari Indrajaya.

Selain cerita asli Indonesia, para pemerannya juga berasal dari Indonesia, hal pertama yang terjadi kala itu. Beberapa pemain di antaranya anak-anak Wiranatakusumah (Bupati Bandung kala itu). Loetoeng Kasaroeng diputar di bioskop selama sepekan di Bandung, antara 31 Desember 1926 sampai 6 Januari 1927.

Menariknya, film garapan sutradara L Heuveldorp ini masih belum mengeluarkan suara. Sehingga penonton baru bisa melihat adegan-adegan hitam putih di layar tanpa suara.

Sumber: Pusbang Film Kemendikbud RI dan Film Indonesia.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Kembalikan Memori dari Sebuah Topi

Jogja
| Minggu, 26 Juni 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Sinopsis A Star Is Born, Film Lady Gaga Tayang di Trans TV Malam Ini

Hiburan
| Minggu, 26 Juni 2022, 08:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement