Advertisement

Dua Tahun Vakum, Rage Against the Machine Kembali Gelar Konser

Sirojul Khafid
Selasa, 12 Juli 2022 - 07:37 WIB
Sirojul Khafid
Dua Tahun Vakum, Rage Against the Machine Kembali Gelar Konser RATM - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com JOGJA—Setelah 11 tahun tidak aktif, termasuk penundaan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, Rage Against the Machine kembali menyapa penggamarnya dalam konser. Dilansir dari Variety, Mereka bermain di hadapan 30.000 lebih orang di Teater Musik Alpine Valley di Wisconsin, Sabtu (9/7/2022) malam waktu setempat.

Penggemar telah lama menunggu konser ini, bahkan sejak pengumuman konser pada 2019. Awalnya, konser akan bermula secara kecil di dekat perbatasan di El Paso, Texas. Konser ini juga menjelang pemilihan presiden AS 2020.

Setelah dua tahun vakum konser, para personel meluapkan keresahannya di panggung, termasuk terhadap situasi politik Amerika Serikat belakangan. Salah satunya, mereka membahas tentang keputusan Mahkamah Agung baru-baru ini untuk membatalkan Roe v. Wade, band ini memproyeksikan sebuah deklarasi ketika Zack de La Rocha menggumamkan seruan untuk kebebasan.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Sinopsis Dokumenter Netflix How Change Your Mind

“Kelahiran paksa di negara yang merupakan satu-satunya negara kaya di dunia tanpa jaminan cuti orang tua berbayar di tingkat nasional. Kelahiran paksa di negara di mana orang kulit hitam yang melahirkan mengalami kematian ibu dua hingga tiga kali lebih tinggi daripada ibu yang melahirkan kulit putih. Kelahiran paksa di negara di mana kekerasan senjata adalah penyebab kematian nomor satu di antara anak-anak dan remaja… Batalkan [keputusan] Mahkamah Agung."

Tak lama setelah berita pembalikan Roe diungkapkan pada 24 Juni, Rage mengumumkan bahwa $475.000 dalam penjualan tiket dari pertunjukan Alpine, serta dua pertunjukan di United Center di Chicago, akan diberikan kepada organisasi hak reproduksi di Wisconsin dan Illinois.

Sepanjang konser yang berdurasi satu setengah jam, Rage memainkan yang terbaik dari diskografinya dan memanjakan para penggemar dengan cover lagu Bruce Springsteen The Ghost of Tom Joad dari album cover 2000-nya Renegades. Sudah 23 tahun sejak Rage merilis musik orisinal.

BACA JUGA: Dua Pertunjukan Spesial Stand Up Comedy yang Tayang di Netflix Bulan Ini

Menurut Milwaukee Journal Sentinel, pertunjukan banyak berisikan dialog. Band juga kadang-kadang meninggalkan panggung untuk memutarkan beberapa materi di layar panggung.

Advertisement

Beberapa materi seperti adegan mobil polisi El Paso yang terbakar, seorang agen Patroli Perbatasan berpose dengan Gembala Jerman yang gelisah, dan seorang anak laki-laki yang ditutup matanya menghancurkan piñata agen ICE.

Band ini akan melanjutkan tur reuni hingga April tahun depan dengan berhenti di 12 negara.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Variety

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah Dilantik, Ini Harapan Bupati Gunungkidul

Gunungkidul
| Rabu, 05 Oktober 2022, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Film Horor dan Zombie ala Korea, Bisa Ditonton di Netflix

Hiburan
| Selasa, 04 Oktober 2022, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement