Advertisement

Sarinah, Pengasuh Bung Karno Difilmkan

Newswire
Sabtu, 23 Juli 2022 - 02:07 WIB
Arief Junianto
Sarinah, Pengasuh Bung Karno Difilmkan Ninndi Raras (kiri) bersama pemeran film Mbok dan Bung hadir dalam pemutaran perdana film tersebut di Gedung Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2022). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Rumah Produksi Rekata Studio bersama PT Sarinah (Persero) merilis film pendek karya Sutradara Ninndi Raras berjudul Mbok dan Bung di Gedung Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Film ini terinspirasi dari pengasuh masa kecil Presiden pertama Indonesia Bung Karno bernama Mbok Sarinah.

Film ini bercerita tentang sosok Sarinah yang diperankan oleh Marissa Anita (Sarinah) dan artis cilik Kenichi Virendra sebagai Kusno (panggilan kecil Bung Karno) yang mengajarkan cinta kasih sesama manusia dan peduli pada rakyat kecil.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Bersua di Sosok, Off Air Pertama Band Letto Setelah Pandemi

Ninndi Raras sebagai sutradara sekaligus penulis cerita ini, merasa tertantang untuk menafsirkan ulang bagaimana sosok Sarinah ini sampai Bung Karno mengabadikan nama Sarinah menjadi nama gedung pusat perbelanjaan pertama di Indonesia.

"Wah menarik sekali untuk menafsirkan sosok Sarinah ini, karena kita tidak banyak data tentang siapa sosok Sarinah ini dan begitu spesial sekali sosok Sarinah ini di mata Bung Karno," ujarnya.

Aktris pemenang Piala Citra FFI 2021, Marissa Anita mengaku merasa tertantang untuk memerankan Sarinah yang sering mendengar namanya, tetapi tidak pernah mengetahui sosoknya seperti apa, dan ditambah lagi Sutradara dan penulis cerita ini adalah perempuan.

"Waktu saya diajak oleh produser, saya langsung tertarik, karena saya tahu sedikit tentang pengasuh Bung Karno ini, tapi saya tidak mengetahui sosoknya seperti apa, ditambah lagi sutradara dan penulisnya adalah perempuan yaitu Ninndi Raras," katanya lagi.

Pemutaran perdana film Mbok dan Bung ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat BUMN, antara lain Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati, dan seniman sekaligus putra Bung Karno, Guruh Soekarnoputra. Penayangan film pendek ini juga sudah bisa disaksikan masyarakat melalui kanal Youtube.

Advertisement

Proses produksi dari awal sampai akhir yang berlatar belakang suasana desa di Mojokerto era 1907 dengan waktu sekitar tiga bulan. Pemutaran perdana film pendek yang berdurasi 15 menit ini merupakan bagian dari rangkaian peresmian transformasi Gedung Sarinah pasca-pemugaran.

Film Mbok dan Bung ini bercerita tentang sosok Sarinah, pengasuh Kusno (panggilan Bung Karno semasa kecil) yang mengajarkan cinta kasih pada sesama manusia dan peduli pada rakyat kecil. Nilai-nilai kehidupan yang diajarkan Sarinah memiliki pengaruh kuat pada Kusno. Membuatnya tumbuh menjadi seorang yang humanis dan menjadi dasar perjuangan Bung Karno dalam membangun Indonesia.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Peringati HUT Ke-92, Gereja Santa Theresia Brosot Gerakkan Persaudaraan

Kulonprogo
| Rabu, 05 Oktober 2022, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Film Horor dan Zombie ala Korea, Bisa Ditonton di Netflix

Hiburan
| Selasa, 04 Oktober 2022, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement