Advertisement

Profil Abah Lala Pencipta "Ojo Dibandingke", Namanya Adopsi Teletubbies

Newswire
Minggu, 24 Juli 2022 - 07:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Profil Abah Lala Pencipta Seniman Boyolali, Abah Lala, pencipta lagu Ojo Dibandingke - Instagram @ abahlalareal

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI-Lagu Bahasa Jawa dengan judul "Ojo Dibandingke" tengah viral di sejumlah media sosial, khususnya TikTok.

Konsep baru lagu Ojo Dibandingke (penulisan yang tepat dalam Bahasa Jawa, Aja Dibandingke) yang dinyanyikan Denny Caknan dan Abah Lala bahkan telah ditonton lebih dari 18 juta kali di kanal YouTube DC. PRODUCTION, Jumat (22/7/2022).

Nama dan suara Denny Caknan memang tak bisa lepas dari populernya lagu tersebut. Namun, apakah lagu Ojo Dibandingke juga diciptakan oleh penyanyi dan pencipta lagu Bahasa Jawa Denny Caknan?

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, lagu Ojo Dibandingke merupakan ciptaan seniman asal Musuk, Boyolali dengan panggung Abah Lala. Pemilik nama lengkap Agus Purwanto ini lahir di Boyolali.

Kariernya sebagai seniman diawali dari genre dangdut sejak 2009. Pada mulanya Abah Lala berkarier sebagai Seniman Gedruk (tarian tradisional Boyolali).

Selain menjadi penari Gedruk, ia juga menjadi penyanyi di Group Gedruknya yang bernama Saleho. Abah Lala menjadi ketua Saleho hingga membawa grup tersebut sampai ke Mancanegara.

Abah Lala pernah mendirikan Orkes Melayu atau OM yang diberi nama MG 86. Personel MG 86 terdiri atas mantan tenaga kerja indonesia (TKI) dan petani ladang.

Dilansir dari kanal YouTube pribadinya bernama Abah Lala Official, sekitar 2018 lalu Abah Lala mencetuskan jargon atau senggakan cendhol dhawet. Jargon tersebut menjadikan dirinya naik daun hingga menambah jadwal manggung di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Jargon cendhol dhawet sukses hingga membuat namanya kian dikenal. Abah Lala kemudian merilis lagu dengan judul Gede Roso yang diselipkan jargon cendol dawet.

Nama Abah Lala berawal dari kejadian erupsi Merapi. Saat berkomunikasi dengan menggunakan HT, dirinya menggunakan panggilan Lala yang mengacu pada salah satu anggota serial TV tahun 2000an yakni Teletubbies.

Advertisement

Nama tersebut kemudian ia pakai untuk nama panggung atas saran dari salah satu temannya. Abah Lala sempat hidup dalam bersusah payah, namun setelah menciptakan lagu yang berjudul Wong Edan Kui Bebas, namanya kian dikenal dan naik daun.

Sementara, lagu Ojo Dibandingke dia rilis dua bulan lalu di kanal YouTube pribadi Abah Lala Official. Lagu tersebut sampai saat ini ditonton lebih dari 750.000 netizen.

Lagu Ojo Dibandingke diciptakan oleh Abah Lala kemudian disutradarai Agus Purwanto. Video klip lagu tersebut dibuat dengan latar Kota Boyolali.

Advertisement

Sebulan kemudian, Abah Lala berduet dengan penyanyi asal Ngawi, Denny Caknan di kanal YouTube DC Production. Duet dengan aransemen baru itu sempat trending satu di kanal YouTube Indonesia.

Duet tersebut saat ini masih berada di posisi ke-14 YouTube Indonesia. Selanjutnya, lagu versi duet dengan Denny Caknan viral di sejumlah medsos sampai hari ini.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Ini Pesan Sultan HB X di HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Jogja
| Rabu, 17 Agustus 2022, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Kisi-Kisi One Piece 1057: Pulau Tujuan Luffy Selanjutnya, Simpan Rahasia Besar

Hiburan
| Rabu, 17 Agustus 2022, 05:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement