Advertisement

Catatan Akhir Sekolah Hadir dalam Bentuk Serial

Newswire
Minggu, 31 Juli 2022 - 06:27 WIB
Sirojul Khafid
Catatan Akhir Sekolah Hadir dalam Bentuk Serial Suasana jumpa pers serial Catatan Akhir Sekolah di Jakarta. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Film Catatan Akhir Sekolah yang rilis pertama kali tahun 2005, akan hadir dalam bentuk serial. Konten ini akan digarap oleh Vision+ bersama Paragon Pictures dan Ideosource Entertainment.

Menurut Produser Eksekutif Paragon Pictures, Robert Rony, pembuatan Catatan Akhir Sekolah versi serial lantaran saat ini belum banyak tontonan yang benar-benar mengangkat permasalahan anak sekolah. Padahal masa sekolah, terutama saat SMA, merupakan salah satu masa yang paling indah dalam hidup.

Advertisement

"Enggak banyak cerita remaja di Indonesia yang benar-benar mengeksplorasi tentang kisah di SMA-nya. SMA-nya hanya sebagai setting aja, tapi ceritanya kemana-mana," ujar Robert saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (29/7/2022).

"Yang coba kami angkat di series ini akan berbeda dengan yang pernah ada, karena kami benar-benar mengangkat masalah remaja di SMA yang benar-benar remaja. Jadi kami coba lebih jujur angkat cerita di SMA yang bukan hanya cinta, tapi juga persahabatan dan kenakalan selama SMA," sambungnya.

BACA JUGA: Autobiography, Satu-Satunya Film Indonesia di Venice International Film Festival 2022

Sama seperti film aslinya, serial Catatan Akhir Sekolah menceritakan sekumpulan murid yang duduk di tahun terakhir SMA. Jika pada film aslinya, murid-murid membuat sebuah film dokumenter untuk ditayangkan di acara perpisahan. Dalam versi serialnya, akan mengangkat acara pentas seni (pensi) yang akan menjadi catatan akhir sekolah mereka.

Pandu Birantoro selaku produser mengatakan, perbedaan tersebut bertujuan agar serial Catatan Akhir Sekolah relevan anak-anak SMA masa kini. Pasalnya, pembuatan video di tahun 2005 di saat film aslinya ditayangkan merupakan sesuatu yang tidak mudah, berbeda dengan saat ini yang setiap orang bisa membuat video berkat kemajuan teknologi.

"Kalau dulu kan menceritakan tiga orang yang underdog dan pengin banget bikin video dan videonya diputar di sekolahnya dan jadi kenangan. Tapi semua orang sekarang bisa bikin video, ngedit, lalu upload. Jadi kami benar-benar mencari kira-kira cerita apa yang bisa tetap relevan," ujar Pandu.

Dia menambahkan, pensi juga sengaja diangkat untuk mengobati rasa rindu anak-anak SMA terhadap acara tersebut. Terlebih hal itu saat ini jarang digelar karena sering dicap sebagai acara yang kerap menimbulkan kerusuhan.

BACA JUGA: Killers of the Flower Moon, Film Martin Scorses dan Leonardo DiCaprio Rilis 2023

"Sebelum kami membuat plot, kami riset ke hampir 80-100 siswa SMA seluruh Indonesia, kami pengin tahu masalah mereka selama di sekolah. Jadi ada keresahan bahwa pensi akan hilang karena sering dicap acara rusuh. Kami merasa bahwa temen-temen kami saat ini mendambakan event besar yang bisa di-produce bareng-bareng sebagai catatan akhir sekolah mereka," jelas Pandu.

Disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf, serial Catatan Akhir Sekolah akan dibintangi oleh Azela Putri, Sarah Beatrix, Kacamelyv Prakaca, Arya Mohan, Geraldo Chandra, dan Dhirgham Prabasworo. Film tersebut akan mulai diproduksi akhir bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement