Advertisement

Joko Anwar Rendam Satu Lantai Rusun dalam Produksi Pengabdi Setan 2

Sirojul Khafid
Jum'at, 05 Agustus 2022 - 07:57 WIB
Sirojul Khafid
Joko Anwar Rendam Satu Lantai Rusun dalam Produksi Pengabdi Setan 2 Poster Pengabdi Setan 2 / Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam proses produksi film Pengabdi Setan 2, sutradara Joko Anwar merendam satu lantai di rumah susun. Hal ini sebagai salah satu kebutuhan adegan yang ada di film.

Joko mengatakan tidak semua hal dalam film menggunakan CGI, namun masih menggunakan konsep teknikal. “Ada adegan merendam satu lantai, ada adegan banjir,” kata Joko dalam channel Youtube Hahaha Corp, Senin (1/8/2022). “Kami menggunakan paling tidak 26 tangki air mobil. Terus diisi karena kadang merembes.”

Dibanding memproduksi pada akhir masa syuting, Joko justru membuat adegan tersebut pada pertengahan produksi. “We like chalangging,” kata Joko sembari tertawa.

Di samping itu, proses pencarian rumah susun sebagai tempat syuting juga memakan waktu empat bulan. Banyak rumah susun yang berada di Jakarta dan Jawa Barat tidak bisa digunakan produksi film dalam waktu lama.

BACA JUGA: Dunia Lawak Tanah Air Berduka, Eddy Gombloh Meninggal Dunia

Proses produksi Pengabdi Setan 2 kala itu diasumsikan berjalan 1,5 bulan. Setengah bulan persiapan, dan sebulan sisanya proses syuting. Namun sangat jarang rumah susun yang mau dipakai selama itu.

“Ada yang bersedia, tapi semua penghuni harus direlokasi, ada ratusan penghuni, dan itu mahal,” kata Joko. “Ketika sudah hampir putus asa, tanya ke Twitter, tenya ada enggak yang tahu rumah susun yang kosong dan bisa dipakai, ada salah satu followerku, namanya Gabriella, bilang di timur Jakarta ada rumah susun yang ditinggal 13 tahun.”

Sejak awal pembangunan, rumah susun tersebut tidak pernah dipakai. Sehingga kondisi di dalam cukup berantakan. Sehingga tim Pengabdi Setan 2 perlu merenovasi beberapa bagian sebagai penunjang proses syuting.

Setelah pengecekan dari sisi keamanan dan perizinan, maka proses syuting di tempat tersebut dimulai. “Dari segi bagan ruang di rumah susun, seperti yang ada di skenario film,” katanya. “Suasana pertama masuk ke rumah susun tidak bisa dibayangkan. Dari segi atmosfer, enggak perlu pura-pura takut.”

BACA JUGA: Alasan Kisah Yumi-Babi Berbeda dengan Komik

Advertisement

Sinopsis

Pengabdi Setan 2 bercerita mengenai kepindahan Bapak, Ian, Rini, Toni, dan Bondi ke sebuah rumah susun. Mereka percaya bahwa pindah ke rumah susun tersebut akan membawa kedamaian. Mereka juga yakin selamat karena banyak orang yang berada di rumah susun tersebut.

Namun ternyata tinggal dengan banyak orang justru menyimpan rahasia tersendiri. Pada sebuah malam, rini dan keluarganya kembali dihantui kekuatan-kekuatan yang supranatural. Teror mencekam pun datang hingga keluarga tersebut tak bisa menyelamatkan diri.

Advertisement

Pengabdi Setan 2 saat ini sedang tayang di bioskop-bioskop Indonesia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Majalah Komunikasi UM Belajar Pengelolaan Media Digital ke Harian Jogja

Jogja
| Senin, 08 Agustus 2022, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Dijamin Ngakak! Ini 3 Ide Lomba Agustusan untuk Kaum Wanita

Hiburan
| Senin, 08 Agustus 2022, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement