Advertisement

Selain Arsy Hermansyah, Ada Azka dari Jogja yang Boyong 4 Medali di AS

Sunartono
Selasa, 09 Agustus 2022 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Selain Arsy Hermansyah, Ada Azka dari Jogja yang Boyong 4 Medali di AS Drummer Cilik asal Jogja Azka Rindra saat menerima medali di ajang WCOPA Amerika Serikat. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Yohanes Azka Rindra Gunawan, drummer sekaligus penyanyi cilik asal Jogja, turut memboyong empat medali dalam gelaran World Champhionships of Performing Arts (WCOPA) 2022 di Amerika Serikat. Azka merupakan salah satu peserta yang turut serta dalam ajang seni yang juga diikuti Arsy Hermansyah, putri pasangan artis Anang-Ashanti.

Kompetisi internasional bagi pelaku seni ini digelar 22-27 Juli 2022 diikuti 500 peserta dari 70 negara. Indonesia membawa 15 peserta termasuk Arsy dan Azka. Pelajar SD Tumbuh 2 Kota Jogja ini berhasil mendapatkan 4 penghargaan yang terdiri dari 1 medali emas kategori drum, 1 medali perak kategori piano, 1 medali silver kategori vocal SA, dan 1 best champions for the overall winner instrumen drum jazz.

Sebelumnya Azka beberapa kali mendapatkan penghargaan dari kepiawaiannya bermain musik. Ia berhasil memecahkan rekor MURI pada 2020 sebagai pemusik anak pertama yang memainkan lima alat musik sambil bernyanyi. Di Panggung WCOPA ia melakukan penampilan membawakan drum, kemudian memainkan drum sambil bernyanyi dan memainkan piano.

Baca juga: Lucu, Arsy Hermansyah Malah Silat saat Dibangunin Sahur

“Waktu itu diminta kirim video, dapat surat lulus audisi, setelah itu fokus latihan beli baju untuk kostum. Setelah itu berangkat,” kata siswa kelas VI ini saat ditemui di kawasan Wirobrajan, Kota Jogja, Senin (8/8/2022).

Ia mengungkapkan dari ratusan peserta itu rata-rata menampilkan kemampuan mereka dalam bernyanyi. Azka dalam penampilannya menggunakan beberapa baju adat daerah di Indonesia. "Termasuk saya menggunakan baju khas Jogja, kemudian pakai baju lurik Jawa. Sekaligus memperkenalkan pakaian adat. Saat tampil sempat deg-degan," ujarnya.

Sebelum memiliki kemampuan seni memainkan drum, piano dan bernyanyi. Azka sejak usia dua tahun mengikuti les. Untuk kemampuan menggebuk drum ia dapatkan saat mengikuti les di Ahmad Dhani School of Rock. Sedangkan untuk kemampuan vokal dan piano ia mempelajarinya di Purwacaraka Music Studio. "Saya saat ini sering tampil bermain jazz," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Kompensasi Kenaikan BBM di Gunungkidul Belum Bisa Dicairkan

Gunungkidul
| Minggu, 02 Oktober 2022, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Bocoran Spin-off Money Heist 'Berlin', Tayang 2023 di Netflix

Hiburan
| Minggu, 02 Oktober 2022, 06:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement