Advertisement

Setelah Jakarta, Shaggydog Hadirkan Pameran Arsip Rudy's Story di Jogja

Galih Eko Kurniawan
Kamis, 08 September 2022 - 09:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Setelah Jakarta, Shaggydog Hadirkan Pameran Arsip Rudy's Story di Jogja Pengunjung menyaksikan foto-foto yang ditampilkan dalam pameran arsip Rudys Story: Rekam Jejak 25 Tahun Shaggydog di JNM Bloc, Jogja, Rabu (7/9/2022). - Harian Jogja - Galih Eko Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Foto-foto zaman lawas Shaggydog mendominasi pameran arsip yang disuguhkan grup musik ska itu dalam balutan Rudy’s Story: Rekam Jejak 25 Tahun Shaggydog di JNM Bloc, Jogja.

Pembukaan pameran dilakukan dengan konsep sederhana tetapi bermakna di JNM Bloc, Rabu (7/9/2022). Mereka yang datang merupakan kolega-kolega dekat Shaggydog maupun beberapa orang yang dulu pernah jadi personel grup musik ska asal Jogja itu.

“Bagi kami [Shaggydog], JNM Bloc punya cerita penting. Dulu ketika masih jadi ISI Gampingan, kami pernah tampil di sini [ISI Gampingan] dan dipaksa suruh turun panggung. Ketika kami awal-awal ada,” ucap vokalis Shaggydog, Heruwa, dalam pembukaan pameran, Rabu.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Cerita-cerita semacam itulah yang coba dihadirkan Shaggydog lewat pameran arsip untuk bisa dinikmati publik. Dokumentasi-dokumentasi yang ditampilkan merupakan koleksi arsip negatif film Shaggydog yang dikumpulkan dari 1998 sampai 2006.

Gitaris Shaggydog, Raymond, mengaku gembira grup musiknya bisa menampilkan sebuah pameran, baik di Jakarta maupun di Jogja, yang menyuguhkan rekam jejak Shaggydog.

“Perjalanan karier bermusik Shaggydog di era-era awal yang dulu mungkin tak diketahui publik, kini bisa dinikmati secara bebas lewat foto-foto yang ditampilkan,” tuturnya.

Pameran di Jogja merupakan kelanjutan dari pameran serupa yang digelar di Gudskul Jakarta para akhir Agustus 2022. Di JNM Bloc, pameran berlangsung mulai 7 September 2022 sampai 14 September 2022 dan gratis untuk para pengunjung.

Pameran arsip ini dikerjakan Agensi 56 yang menjadi subunit Ruang MES 56, sebuah kolektif fotografi dan seni kontemporer asal Jogja dengan dikuratori Edwin Roseno Kurniawan alias Kawandolly.

Kawandolly menuturkan dalam pameran, ruang galeri diubah menjadi tempat tongkrongan anak-anak Shaggydog yang terinspirasi dari kamar almarhum Karel, drummer Something Wrong yang juga kakak Richad, personel Shaggydog.

Advertisement

“Tempat tongkrongan inilah yang menginspirasi mereka [personel Shaggydog] untuk sekadar menulis lirik lagu atau nongkrong sambil menyeruput miras local sembari berdiskusi bagaimana menghadapi hidup ini dari hari ke hari,” kata Kawandolly.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Rangkaian HUT Ke-266 Kota Jogja Digelar 9 Hari Penuh, 14 Acara Siap Menyemarakkan

Jogja
| Senin, 26 September 2022, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Dari Wonosari, The Melting Minds Bersenang-senang di Jogjarockarta

Hiburan
| Senin, 26 September 2022, 16:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement