Advertisement

Festival Film Wartawan Indonesia 2022 Menyeleksi 123 Film

Newswire
Minggu, 11 September 2022 - 11:17 WIB
Sirojul Khafid
Festival Film Wartawan Indonesia 2022 Menyeleksi 123 Film Piala Festival Film Wartawan Indonesia. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII tahun 2022 akan menyeleksi 123 film yang telah tayang di bioskop dan platform over the top (OTT) dalam setahun terakhir.

Dikutip dari Antara, penjurian dilakukan dalam dua tahap, yakni oleh panitia dan dewan juri. Panitia akan menyeleksi film yang telah ditayangkan mulai tanggal 1 September 2021 hingga 30 September 2022 di bioskop dan platform OTT.

Advertisement

Pada tahap pertama, penilaian akan dilakukan oleh Dewan Juri Awal, yang terdiri dari 31 wartawan dari beberapa kota di Indonesia. Dewan Juri Awal diketuai Irawan Kintoko dan sekretaris Ratih Nugraini.

Dewan Juri Awal akan menentukan unggulan dari empat genre film yakni Komedi, Drama, Laga dan Horor. Hasil unggulan akan diumumkan di antara tanggal 15-20 Oktober 2022.

BACA JUGA: Daftar Bioskop CGV yang Berikan Photocard Mencuri Raden Saleh, Ada Juga di Jogja

Hasil unggulan penilaian Juri Awal, kemudian akan dinilai kembali untuk menentukan pemenang oleh Dewan Juri Akhir yang terdiri dari 9 wartawan.

Dewan Juri Akhir diketuai Hilmi Faiq dan sekretaris dr. Daniel Irawan, akan menentukan 9 kategori pemenang yakni Aktor dan Aktris Utama, Aktor dan Aktris Pendukung, Penulis Skenario, Penyunting/Editor, DOP/Penata Kamera, Sutradara, dan Film Terbaik.

Masing-masing pemenang akan diberikan Piala Gunungan dan akan diumumkan di Acara Puncak FFWI pada 28 Oktober 2022.

Ketua Bidang Penjurian FFWI 2022, Yan Widjaya, menerangkan sebenarnya dalam rentang waktu 1 Sepember 2021 hingga 30 September 2022 terdapat 124 judul film Indonesaia yang menayang. Masing-masing terdiri dari 98 film tayang di bioskop, dan 26 film di OTT.

“Sementara itu, satu film berjudul ‘Pesantren’ yang diproduksi Negeri Film, dan disutradarai Salahudin Siregar, ternyata batal tayang karena kendala teknis. Film itu sebetulnya sudah dijadwal tayang di bioskop pada 4 Agustus lalu,” kata Yan Widjaya.

Demikian pula film “Sri Asih” tidak bisa dinilai dalam FFWI tahun ini, karena baru akan tayang di bioskop pada tanggal 6 Oktober 2022, sementara batas tayang film bioskop yang disyaratkan FFWI sampai dengan tanggal 30 September.

BACA JUGA: Promo Bioskop Pekan Ini: Dari Diskon 50% sampai Buy 1 Get 1 Tanpa Syarat

Yan menambahkan, banyak hal menggembirakan dari perkembangan produksi film Indonesia. Ia mengatakan, jumlah film laga yang diproduksi pada tahun 2022 meningkat sampai dua kali lipat dibanding tahun lalu. Beberapa di antaranya adalah “Mencuri Raden Saleh”, “Gatot Kaca”, dan “Ben & Jody”.

Selain itu, tahun ini beberapa film daerah juga masuk penilaian, walaupun film-film tersebut ada yang tidak tayang di Jakarta, mIsalnya “Before, Now & Then (Nana)” yang berbahasa Sunda dan tayang di OTT sejak awal Agustus. Ada juga “Lara Ati” yang berbahasa Jawa tayang di bioskop Jakarta mulai 15 September 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement