Advertisement

Sirkus Barock Gelar Senandung Anak Wayang, Bukti Eksistensi Legenda Musik Tanah Air

Hadid Husaini
Senin, 19 September 2022 - 09:07 WIB
Arief Junianto
Sirkus Barock Gelar Senandung Anak Wayang, Bukti Eksistensi Legenda Musik Tanah Air Sawung Jabo (kanan) bernyanyi bersama Setiawan Djodi (tengah) dan Iwan Fals (kiri). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Taman Budaya Yogyakarta (TBY) menjadi saksi suksesnya konser grup musik legendaris Sirkus Barock.

Lebih dari 600 orang memenuhi Concert Hall TBY untuk melihat konser yang mengusung konsep trilogi tersebut pada Minggu (18/9/2022).

Sebanyak 13 personel Sirkus Barock berada di atas panggung memadukan alat musik yang banyak diciptakan oleh Sawung Jabo Tersebut dengan membawakan 21 lagu.

Nama-nama lawas seperti Suzan Piper (vokal), Reza Achmad (drum), Ucok Hutabarat (violin) Ruben Kayon, Joel Tampeng, dan Toto Towel (gitar), Denny Dumbo (Perkusi), Tauhid Subarkah (bass), Bagus Mazapa (keyboard), Denny Dumbo (perkusi). Adapun personel baru macam Hasan Hasibuan (cello), Alfred Mailoa dan Bonita (vokal) diperkenalkan.

Konser tersebut selain sebagai wujud bertemunya kembali para personel Sirkus Barock juga menjadi menandai eksistensi grup musik tersebut di belantika musik Indonesia.

Itulah sebabnya, dalam konser kali ini, Sirkus Barock menyematkan kata Reunion.

"Ini menegaskan bahwa Sirkus Barock sebagai ruang kreatif yang terbuka bagi siapa saja," kata Jabo, saat jumpa pers, sehari sebelum konser, Sabtu (17/9/2022).

Tajuk Reunion diusung dalam konser tersebut. Pasalnya konser tersebut digelar setelah selama empat tahun grup musik ini vakum akibat pandemi Covid-19, Selama itu pula mereka tidak menggelar konser secara live.

Sebelum konser dimulai, sejumlah musikus muda, di antaranya adalah Iksan Skuter dan Hery Samsara tampil di mini stage di halaman luar Concert Hall TBY.

Sedangkan di panggung utama, konser diawali dengan pembacaan puisi oleh Butet Kertaradjasa.
Dalam konser yang dihadiri oleh sekitar 600 orang itu, Sirkus Barock membawakan setidaknya 21 lagu.

Advertisement

Di antara hit yang mereka bawakan dalam konser tersebut adalah Burung Putih, Di Hatimu Aku Berlindung , Gumam Batin Pengembara, dan Penjelajah Alam.

Seperti pada konser-konser Sirkus Barock sebelumnya, Jabo selalu mengajak serta sejumlah seniman.

Di beberapa lagu dalam konsernya kali ini, Jabo mengajak serta beberapa seniman. Di antaranya adalah perupa Nasirun yang melukis di atas kanvas saat Sirkus Barock membawakan lagu Kanvas Putih.

Advertisement

Selain itu ada juga penari dari Solo, Eko Supriyanto yang tampil bersama Jarot Budidarsono saat Sirkus Barock membawakan lagu berjudul Lagu Pemabuk.

Di sesi akhir konsernya, penonton dikejutkan ketika Sawung Jabo memanggil sosok Iwan Fals ke atas panggung.

Sontak suasana Concert Hall kian bergemuruh ketika Iwan Fals masuk ke area panggung dan menyanyikan lagu Penari Goyang.
Di usia yang sama-sama tak lagi muda, baik Iwan Fals maupun Jabo tetap tampil energik ketika membawakan beberapa hit mereka, di antaranya Bongkar, Badut, Nyanyian Jiwa, dan Hio.

Tak cukup sampai di situ, penonton kembali riuh ketika sosok legenda lainnya, Setiawan Djodi berdiri dari kursinya dan naik ke panggung lalu ikut menyanyikan lagu Bento.

Advertisement

Penghormatan juga diberikan kepada mantan personel Kananta Takwa, yaitu almarhum W.S Rendra dan Donny Fattah. Grup musik ini pula lah yang melahirkan lagu lagu fenomenal seperti Bongkar, Bento, Nyanyian Jiwa, dan Kuda Lumping.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Penyandang Disabilitas Apresiasi Layanan Ojol

Jogja
| Minggu, 02 Oktober 2022, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Bocoran Spin-off Money Heist 'Berlin', Tayang 2023 di Netflix

Hiburan
| Minggu, 02 Oktober 2022, 06:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement