Advertisement

Rizky Billar Dipecat dari Host Dangdut Academy, Buntut KDRT ke Lesti Kejora

Restu Wahyuning Asih
Rabu, 05 Oktober 2022 - 23:07 WIB
Bhekti Suryani
Rizky Billar Dipecat dari Host Dangdut Academy, Buntut KDRT ke Lesti Kejora Rizky Billar (RB) - Instagram @rizkybilarr_

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Rizky Billar resmi dipecat sebagai pembawa acara Dangdut Academy 5, buntut dari kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukannya.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh pembawa acara Dangdut Academy 5 yakni Ruben Onsu, Abi Ramzi dan Irfan Hakim.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dangdut Academy yang menjadi salah satu program Indosiar mengatakan bahwa pemecatan itu sesuai dengan arahan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk memblokir atau tak memberi ruang bagi pelaku KDRT.

"Dan Indosiar menjawab pertanyaan netizen sekaligus mengambil keputusan. Dengan ini kami umumkan bahwa mulai malam hari ini Rizky Billar tidak lagi menjadi host Dangdut Academy 5," kata Irfan Hakim, dikutip Bisnis dari Youtube D'Academy Indosiar pada hari ini, Rabu (5/10/2022).

Sebelumnya, Komisioner KPI Pusat Nuning Rodyah mengatakan bahwa para figur publik harus memberi contoh positif kepada pemirsa. Baik melalui apa yang nampak di layar kaca maupun contoh dalam kehidupan sehari-hari.

“Segala bentuk kekerasan, terutama KDRT, merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia,” ujar Nuning, dikutip Bisnis dari situs resminya, Jumat (30/9/2022).

BACA JUGA: Sinopsis Smile, Film yang Katanya Serem Banget

KPI berharap lembaga penyiaran juga memberikan dukungan terhadap setiap usaha menghapus KDRT ini sebagai bentuk penghormatan hak asasi manusia, keadilan dan kesetaraan gender, non diskriminasi dan perlindungan korban.

Advertisement

Di antara bentuk dukungan yang dapat ditunjukkan pengelola televisi dan radio adalah dengan menutup ruang bagi para pelaku kekerasan tersebut dalam ruang siar.

Kronologi KDRT yang dilakukan Rizky Billar

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan bahwa kekerasan yang dialami Lesti Kejora terjadi pada 28 September 2022 pukul 01.51 WIB dini hari di rumah keduanya di Cilandak, Jakarta Selatan.

Advertisement

"Saudara Muhammad Rizky ini melakukan kekerasan fisik. Terlapor berusaha mendorong dan membanting korban ke kasur dan mencekik leher korban, sehingga jatuh ke lantai. Hal tersebut dilakukan berulang-ulang," kata Zulpan di Jakarta, Jumat (30/9/2022).

KDRT tersebut kembali terulang pada pukul 09.47 WIB. Saat itu, Rizky menarik tangan korban ke arah kamar mandi, kemudian membanting korban ke lantai dan dilakukan berulang kali.

Atas kejadian tersebut, Lesti kemudian melaporkan kejadian itu kepada Polres Metro Jakarta Selatan.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

10 Film Pendek Hasil Kompro Tayang Perdana di JAFF 2022

Jogja
| Senin, 28 November 2022, 19:12 WIB

Advertisement

alt

Aktor Drakor Song Joong Ki Sampaikan Duka Cita untuk Korban Gempa Cianjur

Hiburan
| Senin, 28 November 2022, 16:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement