Advertisement

Festival Sinema Prancis Digelar Lagi di Jogja, Catat Tanggal dan Lokasinya!

Arief Junianto
Kamis, 06 Oktober 2022 - 14:27 WIB
Arief Junianto
Festival Sinema Prancis Digelar Lagi di Jogja, Catat Tanggal dan Lokasinya! Istimewa. - IFI/LIP

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Institut Français Indonesia (IFI) kembali menyelenggarakan Festival Sinema Prancis (FSP) dalam format hybrid (luring dan daring) pada 6-21 Oktober 2022.

Pada edisi ke-24, festival film asing pertama di Indonesia ini hadir dengan mengusung tema Generation. Dengan genre yang beragam (fiksi, serial pendek, animasi dan dokumenter), FSP menampilkan 19 film yang diputar di 21 lokasi yang tersebar di 13 kota di Indonesia, dan lima film yang dapat diakses secara daring melalui platform video on demand MOLA.

Advertisement

"Seluruh film FSP dapat ditonton secara gratis dengan takarir Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris," kata François Dabin, Direktur IFI LIP Yogyakarta melalui rilis, Kamis (6/10/2022).

Dengan membawa pesan harapan, untuk perubahan di masa depan yang lebih baik, FSP menampilkan film-film yang dapat meningkatkan kesadaran akan tantangan utama di zaman, yaitu, perubahan iklim, pelestarian lingkungan, kepunahan massal spesies tetapi juga hak asasi manusia dan inklusi.

Di sisi lain FSP menyajikan ragam genre dari Sinema Prancis yang dapat dinikmati lintas generasi untuk memberikan cita dan semangat baru setelah dua tahun terperangkap pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Sinopsis Smile, Film yang Katanya Serem Banget

Di Jogja, para penonton dapat menikmati film di tiga tempat berbeda yaitu di IFI LIP Yogyakarta (Jl. Sagan No.3, Jogja); di JNM Bloc (Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Jogja); dan Societet Taman Budaya sejak 6-13 Oktober 2022.

"Festival ini tidak dipungut biaya dan bebas masuk tanpa pendaftaran. Segenap program festival dapat dilihat di https://bit.ly/FSPJogja," ucap Dabin.

FSP tahun ini akan dibuka pada Kamis pukul 19.00 WBI di IFI LIP Yogyakarta dengan memutarkan film dokumenter yang menjadi film pilihan di Cannes Film Festival 2021, berjudul Animal karya Cyril Dion. Film ini mengisahkan perjalanan transformatif dua remaja yang memiliki kekhawatiran tentang kepunahan massal.

“Festival tahun ini lebih meriah, karena Anda dapat berpartisipasi baik secara luring atau daring.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement