Advertisement

Kenali Sejumlah Brand Lokal yang Tampil di Fashion Week Luar Negeri

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 14 Oktober 2022 - 22:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Kenali Sejumlah Brand Lokal yang Tampil di Fashion Week Luar Negeri Erigo saat tampil di New York Fashion Week 2023./Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Industri fashion Tanah Air terus berkembang dan memberi kontribusi nyata pada negara. Salah satunya dibuktikan dengan sejumlah brand yang tampil di fashion week mancanegara.

Berdasarkan data dari Badan Ekonomi Kreatif, tercatat selain dari sub-sektor kuliner, fashion turut memberi kontribusi terbesar kedua dalam kontribusi ekonomi kreatif sebesar 18,15% dari total produk domestik bruto (PDB) yakni 852,24 triliun. Kabar baiknya lagi, sebagai salah satu industri dengan rantai pasok yang panjang dari hulu hingga hilirnya, industri ini mulai bangkit dari keterpurukan Covid-19. Tentunya industri fesyen membawa berpengaruh positif bagi kepentingan ribuan hingga jutaan orang yang terlibat di dalamnya.

Advertisement

Tak heran jika banyak banyak pelaku ekonomi kreatif lokal terus melebarkan sayap hingga mancanegara. Bahkan keberhasilannya ini ditandai lewat kesempatan bagi para brand untuk bisa memamerkan kreasinya dan tampil dalam ajang fashion bertaraf internasional, seperti Fashion Week.

Melihat fenomena tersebut, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja mengatakan industri TPT kini semakin membaik, di mana utilisasi mencapai 62,54% pada industri tekstil dan 79,09% pada industri pakaian jadi.

“Hal ini menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan Indonesia. Meski demikian, potensi industri di Indonesia masih perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk dari pihak swasta tidak hanya dari pemerintah agar memiliki daya saing yang semakin tinggi,” kata Jemmy dikutip dari Bisnis, Jumat (14/10/2022).

5 Brand Lokal Indonesia Siap Tembus Pasar Mancanegara

Jalan terang industri fesyen dalam menjangkau pasar internasional makin terbuka lebar sejak lima brand lokal Indonesia terpilih menjadi peserta perhelatan fashion kelas dunia yakni Fashion Week yang diadakan di tiga ibukota negara yakni New York, Paris dan London. Dengan kesempatan ini, tentu dapat membuka lebih banyak peluang bisnis bagi brand lokal Tanah Air.

Pertama ada Jewel Rocks, yang merupakan salah satu brand perhiasan handmade asal Bali yang telah dibangun sejak 2006. Brand ini mendapatkan undangan dari L'Adresse Paris Agency untuk memamerkan dan menjual koleksi mereka di salah satu pagelaran pekan mode terbesar di dunia, Paris Fashion Week 2022.

Di tahun 2023 mendatang, By Lizzie Parra atau yang lebih populer dikenal publik dengan sebutan BLP Beauty resmi menjadi beauty brand lokal pertama dari Indonesia yang terpilih oleh KBRI Paris dan L’Adresse untuk menghadiri Paris Fashion Week 2023.

Busana muslim juga membuktikan diri bisa memasuki kancah pagelaran fashion dunia. Sebut saja Heaven Lights, sebuah brand modest pakaian muslimah dengan mengusung konsep batik yang menghadiri New York Fashion Week 2023. Sementara itu, Wearing Klamby yang juga brand busana muslim Indonesia turut serta dalam menghadiri London Fashion Week 2023.

Selain itu, ada pula brand Erigo yang juga menghadiri New York Fashion Week 2023.

Berangkatnya brand-brand Tanah Air ini tentunya juga diharapkan dapat memperkenalkan produk lokal buatan Indonesia, mulai dari produk kecantikan hingga fesyen, ke pasar internasional, sehingga produk buatan Indonesia pun diharapkan dapat dikenal berkembang di pasar global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Kulonprogo Menurun 26 Persen Selama Libur Lebaran 2024

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Orang Terdekat Mengantarkan Kepergian Park Bo Ram

Hiburan
| Rabu, 17 April 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement